Di Padang, Enakan Naik Bis atau Angkot?

Di postingan Earth Hour dulu gw sempet cerita program pribadi yang gw kasi nama Personal Vehicle Free Day minimal dua kali sebulan. Bulan lalu program itu berlanjut seminggu lebih karna motor gw rusak. Ada positifnya, program penyelamatan bumi gw bisa berlanjut, perut gw juga jadi lebih ‘terselamatkan’ dengan banyak bakar kalori pas jalan.

Dan untungnya di Padang yang namanya angkutan umum itu accessable. Bisa dibilang available everywhere lah. Ya dibanding dengan kota-kota lain yang gw tau, tersedianya moda angkutan umum di Padang lebih mendingan.

Untuk penampilan kendaraannya sendiri mungkin temen-temen udah pada tau secara udah banyak dibahas media-media nasional kan. Penampilan mobil modis, motif ngejreng, dan spiker gede berdentum dengan musik macam house remix atau band-band melayu mendayu . Anak muda yang naik pada ajib-ajib, orang tua yang naik pada ngucap-ngucap.

Kekurangannya yang paling mencolok si paling betapa kepuasan pelanggan dan keselamatan pengguna jalan lainnya nggak terpenuhi. Suatu kewajaran kalau gw bilang, karna para drivernya nggak dapet didikan ‘per-driveran’ seperti drivernya busway atau bluebird.

Angkutan umum yang paling umum, halah, yang beredar di jalanan raya Kota Padang ada dua tipe: bis kota dan angkot. Dan entah kenapa angkot-angkot itu penumpangnya didominasi kaum hawa, sedangkan para turunan adam banyak yang milih naik bis.

Yang uniknya lagi kalau di bis itu macam ada peraturan tak tertulis naik bis: yang cewek naik dari pintu depan dan duduk di bangku-bangku bagian depan, sedangkan cowok naik dari pintu belakang dan duduk di bangku belakang. Jadi misah gitu. Positifnya itu mungkin bentuk penghormatan pada wanita di angkutan umum di Padang.

Diantara kedua tipe angkutan umum tadi, gw lebih sering naik angkot belakangan ini. Awalnya gw sering nolak naik angkot karna ya itu tadi, angkot itu isinya cewek semua, masak gw ikut juga. Dari esempe trus kuliah tahun awal gw berpantang naek angkot, kecuali esema karna memang adanya cuman angkot untuk ke sekolah.

Tapi lama-lama gw empet juga naek bis, karna kapasitasnya banyak jadi ngetemnya lama….. belum lagi bodinya gede jadi sulit buat nyalip-nyalip pas jalanan padat. Gw sebagai mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Telat alias ALAMAT makin merana jadinya. Mana jarak gw ke kampus bisa sejam perjalanan dengan tiga kali ganti angkutan (maklumlah rumah gw di Tabing Pusat Kota Padang sementara kampus gw ngujubilah jauh di atas bukit).

Sampe akhirnya akhir tahun satu kuliah dulu gw berangkat udah telat banget. Di halte ketemu sama senior yang sekelas kuliah sama gw. Dia nyegah gw naek bis, “Jangan naek bis rif! Lu naik itu ntar nyampe kampus kuliahnya kelar tuh. Mending ikut gw naik angkot.”

Eh bener aja, angkotnya cepet penuh karna kapasitas ga sebanyak bis. Pas macet juga lebih gampang nyelip-nyelip karna bodinya ga segede bis. Gw bisa meminimalisir keterlambatan gw waktu itu menjadi 15 menit saja. Gw senang, senior gw senang, dosen gw nggak.
Dan di angkot itu beneran penumpangnya mayoritas cewek semua. Gw risi jadinya (beneran lho). Tapi kok ya karna penuh duduknya jadi dempetan gitu, tapi hmm… Ga terlalu buruk juga kok, walau sempit-sempit dikit, hmm… hahaha…

Sejak itu gw keterusan lebih milih naek angkot. Karna walau seandainya bis dan angkot itu memiliki keefektifan dan keefisienan yang sama, tapi kalau pilihannya desak-desakkan di bis yang isinya kebanyakan cowok atau desak-desakkan di angkot yang isinya kebanyakan cewek, gw ga perlu mikir lama untuk milih kan? He…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar