Narsis and (His)tory

Gw pernah kebetulan liat2 Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yg merupakan kamus resmi terbitan pemerintah Indonesia, iseng, gw nyari kata yg udah sering banget kita denger: Narsis.

Sesuai perkiraan cuaca, eh, sesuai perkiraan gw, kata yg gw cari kagak ada. Wajar aja sih, KBBI-nya terbitan taun jebot (gw juga ga tau di KBBI terbaru ada ato ngga).
Gw ndiri pertama kali akrab dengan kata narsis waktu kelas 6 esde (sekitar taun ‘99), yang waktu itu dipopulerin temen gw si Bholeank. Saat itu, kata narsis masih pake huruf “C”, jadi kalo disebutin jadinya narcis.

Beberapa waktu lalu, temen gw, Miko minjemin gw novel karangan Paulo Coelho yg judulnya The Alchemist, keren abis deh ceritanya… nah, di bagian prolog ntu novel, Om Paulo nyinggung dikit tentang legenda/asal-muasalnya si Narsis (walopun dikit ga sinkron dgn crita novelnya)… Kenapa pakai kata “si”? Yap, karna ternyata narsis itu nama orang, bukan kata sifat kayak yg digunain sekarang.
Dikit kisahnya:

…Alkemis itu sudah tahu legenda Narcissus, seorang muda yang setiap hari berlutut di sebuah danau untuk mengagumi dirinya sendiri. Ia begitu terpesona oleh dirinya, hingga di suatu pagi, ia jatuh ke dalam danau tersebut dan tenggelam…
…Ketika Narcissus mati, dewi-dewi hutan pun muncul dan menemui danau tadi, yang semula berupa air segar telah berubah menjadi air mata yg asin
“mengapa engkau menangis?” Tanya dewi-dewi itu.
“aku menangisi Narcissus” jawab danau
“Oh, tak heranlah kau menangisi Narcissus, sebab di antara kami hanya engkau saja yg dapat mengagumi keindahannya dari dekat” kata para dewi
“tapi… indahkah Narcissus?” Tanya danau
“siapa yg lebih mengetahuinya daripada engkau?” dewi-dewi bertanya heran. “di dekatmulah ia tiap hari berlutut mengagumi dirinya!”
Danau terdiam beberapa saat, dan kemudian berkata:

“Aku menangisi Narcissus, tapi tak pernah kuperhatikan bahwa Narcissus itu indah. Aku menangis karena, setiap ia berlutut di dekat tepianku, aku bisa melihat, di kedalaman matanya, pantulan keindahanku sendiri.”

Bisa ditebak, yg jadi ironi bukan hanya tenggelamnya si Narcissus yg doyan muji diri sendiri, tapi ternyata sang danau yg selama itu juga ga kalah narsisnya…

Intinya, siapapun berpotensi jadi narsis. Gw ndiri awalnya semasa juga ga suka expose diri kek aksi-aksi ato kata2 self-curtsey gitu, namun Alhamdulillah, sejak gabung dengan AIESEC LC UA taun 2007, gw yg awalnya ogah-ogahan kalau mo ngapa2in udah jadi ga tau malu, apalagi kalo poto-poto. Terima kasih banyak buat AIESEC UA yg udah mutusin urat malu gw,.. (Yeaahhh, AIESEC UA Hot to GO!!!!)

Sebelon-sebelonnya:

Dola: rif, kita mau poto-poto nih, ikut dong…
Aini: arif kalo dipoto gayanya yg lebih ekspresif dong…
Aulia: rif, duit pulsa yg lo beli ke gw kemaren mana?

Sekarang

Dola: waa… rif, minggir dikit dong!!! gw kan ga keliatan kamera….
Aini: Kamu beneran si arif ga sih? Kok gayanya celamitan gini???
Aulia: lho… duitnya kok cuma segini? Sisanya mana?

Bahkan belakangan ini gw juga rajin ngaca. Dulu ada temen gw yg rajin banget ngaca, liat kaca mobil, ngaca, liat jendela kelas, ngaca, liat ventilasi toilet, ngintip.. pernah gw ledekin karna doyan banget ngaca, dia ngeles:

“lho, gw kan ngaca biar terlihat rapi, sementara kerapian itu termasuk sebagian dari iman, emang gw salah kalo memenuhi sebagian iman?” Gubrak

yah, jadi keknya ga ada salahnya pula kalo sekarang gw mulai rajin menambah ‘sebagian iman’ gw, hehe… Insyaallah ga se-lebay si Narcissus dan danaunya.

Tidak ada komentar: