Kita tau bahwa nilai-nilai kesopanan ibarat hukum tak tertulis yg berlaku di masyarakat. Nilai kesopanan dibentuk dari akumulasi kesamaan interpretasi masyarakat terhadap tingkah laku manusia di lingkungan masyarakat tersebut. Nilai kesopanan tidak memerlukan persetujuan dewan untuk diberlakukan. Hanya intuisi pantas atau tidak.
Tidak demikian prilaku genetik seseorang. Saraf motorik secara naluriah mendorong orang tersebut untuk melakukan sesuatu berdasar yg dia bisa.
Dan kenyataan bahwa gw melakukan sesuatu dengan tangan kiri KARNA GW ADALAH SEORANG KIDAL, gw kira sudah cukup untuk menyumpal mulut-mulut orang yg menganggap orang-orang kidal sebagai pendosa besar di masyarakat.
Gw kidal, gw ga melakukan hal-hal jelek yg merugikan masyarakat dengan ke-kidal-an gw, dan gw bangga. Persetan dengan nilai-nilai kesopanan yg kalian anut! Suck!

Merindukan Ketakutan

Ketika otak kita tiba-tiba memikirkan dan hati kita merenungkan kematian, ada semacam ‘pemberontakan’ nurani yg seakan-akan ngomong “udah, stop. Ganti topik aja, mending mikir yg laen”. Sayangnya semakin kita coba lupain justru makin keinget-inget, yg ujung-ujungnya menghadirkan ketakukan buat diri sendiri. Tapi ga ada yg salah dengan mengingat kematian. Bahkan yg gw tau ada hadis Rasul SAW yg nyuruh kita untuk banyak-banyak mengingat kematian. Semakin sering makin baik, agar selalu bisa introspeksi serta mendekatkan diri pada Sang Pemilik Kehidupan: Allah Al-Muhyii Al-Mumiit.

Gw udah pernah baca beberapa buku yg ngebahas tentang kematian. Mulai dari yg pembahasannya emang-bener2-bisa-dipertanggungjawabkan ampe yg pembahasannya nyeleneh2 yg justru jauh dari logika. Dari beberapa buku yg udah gw baca, yg paling berkesan yaitu bukunya Imam Al-Ghazali yg judulnya Metodologi Menjemput Maut yg ngejelasin secara sistematis sebuah kurva korelasi antara kehidupan, harapan, dan kematian. Satu-satunya buku yg bisa bikin gw sempet parno kalo mo tidur malam2.

Waktu jaman sekolah dulu, ada guru gw (guru beneran, bukan guru yg ngajarin gw tindakan-tindakan kriminal kayak sekarang) yg ngomong gini: “Apa yg perlu kita takutkan dengan kematian? Kalo kita hidup sesuai tuntunan, kematian tidak akan menjadi hal yg menakutkan. Bahkan akan menjadi hal yg dirindukan, karna kita akan segera bertemu dengan Sang Pencipta. Tapi MERINDUKAN KEMATIAN dan MENGHARAPKAN KEMATIAN adalah hal yg BERBEDA. Rindu akan kematian dimiliki oleh orang-orang yg berpegang teguh pada ajaran Allah, sedang mengharapkan kematian adalah harapan-harapan orang yg tak tau arah hidup. ”

Tapi di lain waktu gw pernah denger ada ustad ngasih analogi kek gini:
“Bayangkan jika anda bertemu dengan orang yg sangat baik pada anda, entah itu saudara, tetangga, atasan anda, atau yg lainnya. Dia sering membantu menyelesaikan masalah anda, dia juga sering memberi sesuatu yg bermanfaat bagi kehidupan anda. Padahal anda sebenarnya tak meminta pada orang itu, bahkan orang itu melakukannya dengan ikhlas tanpa berharap balasan apa-apa.
Lalu bayangkan jika tiba-tiba anda berbuat salah pada orang itu, walaupun tanpa sengaja, sekecil apa pun kesalahan anda, tentu anda akan sangat merasa malu dan takut untuk bertemu dengan orang itu lagi kan?
Jadi bagaimana mungkin ada orang yg tak takut mati, padahal ia akan dipertemukan dg Zat yg telah menolongnya selama ini, telah memberi yg ia butuhkan. Sedangkan tak ada manusia yg tidak ada dosa terhadap Tuhannya. Tidakkah seharusnya kita merasa malu jika menginginkan kematian yg cepat?”

Entahlah…
Begitu banyak yg kita takutkan tentang kematian, udara terakhir yg kita hirup, kehidupan alam kubur, kehidupan akhirat, surga neraka, orang-orang di sekitar kita, dan keabadian setelahnya…

“Melalui sentakan-sentakan kecil
Kembali Engkau sadarkan
untuk beranjak dari persinggahan
dalam menyongsong-Mu…”

Take a Break

walopun telat beberapa hari, gw ngucapin:
SELAMAT TAHUN BARU HIJRIAH!!! Yeah...

Fiuh.. beneran sibuk banget dah gw Desember ini sama acara kawinan, ada acara ‘kawinan’ mahasiswa di kampus mpe kawinannya sepupu gw; The Arifin’s & Co. back in action! Yeah..

Pola makan en tidur gw jadi nambah kacau. Akibatnya untuk pertama kalinya kemaren itu GW KETIDURAN WAKTU NYETIR! Kejadiannya sewaktu abis pulang acara ‘kawinan’ kampus di pinggiran kota Padang, pas nyampe rumah jam setengah 9 malem dengan kondisi yg down banget karna ga tidur slama 3 hari di acara ‘kawinan’ kampus tersebut, gw malah disuruh kudu ke tempat sepupu gw di Indarung saat itu juga.

Pas berangkat kesadaran gw udah melayang, ga terlalu konsen dg kondisi jalan. Bahkan gw ngelewatin belokan rumah sepupu gw yg bikin gw muter balik lagi. Di tempat sepupu gw pun buat bahas kawinannya gw juga lebih banyak “ho’oh-ho’oh” doang.

Pulangnya pas tengah malam en disitu gw bener-bener ga nyadar apa-apa lagi, ampe di kawasan Sawahan gw ‘dibangunin’ oleh bunyi knalpot motor yg nyalip mobil gw si Snowflake, pas kebangun gitu mobil gw udah ada di tengah pembatas lajur kiri-kanan. Buat kaget pun gw kaga sempet karna saking lelahnya. Untungnya tengah malam itu jalanan sepi en akhirnya bisa selamat nyampe rumah. Trima kasih Tuhan..

Selain pola makan en tidur, pola bebersih gw juga kacau, mandi makin jarang, gosok gigi lupa, cuci muka kagak. Akibatnya jerawat di muka nambah banyak en GUSI DI LOBANG GIGI GW BENGKAK LAGI. Ugh, perfect. Efek positifnya, gw jadi bisa menghemat sabun mandi, pasta gigi, en pembersih wajah gw.

Ngomong-ngomong tentang toiletries gitu, gw inget pengetahuan baru yg gw dapat beberapa bulan lalu dari Behelorens: Ternyata produk kosmetik juga ada kadaluarsanya!
Jadi beberapa bulan yg lalu Behelorens crita ke gw kalo pembersih mukanya udah kadaluarsa.

“bang, pembersih muka yg ku pake barusan kayaknya udah kadaluarsa deh…”
“hah? Emang kosmetik2 gitu pake batas kadaluarsa juga?”
“Ee.. abang ni.. ya ada la…”

Wew… gw takjub aja, sungguh suatu informasi yg membuka cakrawala pikiran gw, soalnya slama ini biasanya kita cuman diajarin untuk merhatiin tanggal kadaluarsa makanan/minuman yg nampang di kemasan produk. Jarang-jarang bahkan blom pernah ada ngingetin buat merhatiin tanggal kadalurasa kalo gw mo beli biore! BELUM PERNAH!!!!!!

Lagian kalo ada kasus-kasus gitu biasanya yg diberitain kayak: “Sejumlah siswa sekolah dasar dilarikan ke rumah sakit karena keracunan makanan yg telah kadaluarsa”

Belum pernah gw denger berita: “sejumlah cewe-cewe abg dilarikan ke RS karena pelembab wajah yg mereka gunakan telah kadaluarsa.” BELUM PERNAH!!!!!

Tapi mpe sekarang gw masih belum ngecek apakah di biore gw emang ada tanggal kadaluarsanya atau nggak karna ga ada waktu merhatiin hal-hal sepele kek gono, (hehe, ngeles karna emang jarang cuci muka aja.. ). Biarlah informasi berharga tadi gw simpen baik-baik en menjadi misteri bagi gw trus dimasukkan kedalam file khusus kayak The X-Files-nya FBI…haha.

Selain informasi berharga barusan, gw juga mo ngasi informasi untuk dunia: JALAN DEPAN RUMAH GW SEKARANG UDAH DI ASPAL!!!! WHUAHAAHA… Akhirnya, setelah 13 tahun gw tinggal di rumah gw sekarang di kawasan Tabing Padang, pemko memberi sentuhan pembangunan, walopun aspalnya-pun aspal jelek yg jadul gitu…tapi tetep, jalan gw ada aspalnya sekarang! Mo ape lu? (bangga banget gw)

Addicted...

Andai rasa sayang itu memiliki wujud fisik dan ilegal seperti kokain
Tentu sekarang gw sudah ditahan dan ikut rehabilitasi
karna kecanduan sayang, menikmati sakau yang menyiksa...

Sayang itu seperti candu
Setiap lintingan rasa, bau, dan sensansinya membuat ketagihan...

Talks About Conflict

Ada joke yg mengatakan ketika seorang bayi lahir, konflik juga lahir barengan dengan bayi itu sebagai kembarannya. Joke yg ngegambarin betapa manusia ga pernah lepas dari yg namanya konflik. Gara-gara konflik peradaban suatu bangsa bisa berubah, karna konflik itu sendiri menghadirkan dilema-dilema. Dimana dilema-dilema tersebut mengharuskan seseorang membuat keputusan yg bahkan terkadang berimplikasi teradap hajat hidup orang banyak.

Konflik yg dialami oleh individu juga ga kalah dilematis dibanding konflik-menyangkut-hajat-hidup-orang-banyak-tadi. Karna konflik individu yg akan mempengaruhi kehidupannya kedepan itu juga melibatkan pihak-pihak yg berada disekitarnya seperti blackhole yg mengisap kuat benda-benda angkasa yg berada dalam jangkauan gravitasinya.

Kalo divisualisasikan dengan hamparan ruang angkasa maka akan terlihat banyak sekali blackhole yg berdekatan—nyaris berimpitan--karna ruang angkasa tersebut telah terisi penuh oleh blackhole dan benda angkasa lainnya sebagai gambaran tiap konflik yg dialami oleh tiap individu. Tak jarang suatu benda tertarik kuat oleh dua buah blackhole, bahkan ada juga blackhole besar yg menarik beberapa blackhole yg lebih kecil yg berada didekatnya. Mengenaskan.

Berdasar yg gw tau, ilmu psikologi telah membagi tiga tipe dasar untuk mengklasifikasi ‘blackhole-blackhole individu’ yg terus bermunculan kek sekumpulan jerawat yg menjajah wajah seorang anak yg baru memasuki masa remaja: belum tuntas yg satu, yg lainnya sudah datang bergerombolan.

Dari tiga jenis konflik individu, yg paling sering menghampiri en tergolong gampang buat diatasi yaitu konflik mendekat-mendekat dan konflik menjauh-menjauh. Konflik mendekat-mendekat mencakup hal-hal yg sama-sama diinginkan oleh orang yg mengalami konflik tersebut, sedangkan konflik menjauh-menjauh dialami oleh orang yg ingin menjauhi hal-hal yg tak diingininya. Fait accompli.

Sedangkan yg jarang mendatangi namun paling runyam buat diselesein yaitu gabungan kedua konflik yg gw sebut sebelumnya dan saling bertentangan: konflik mendekat-menjauh. Konflik yg menyebabkan individu yg mengalaminya tersesat dalam kebimbangan hati, terjebak di labirin pemikiran.

Dan ga ada seorangpun manusia yg ngarepin berada di posisi demikian. Yang bikin parah seandainya konflik mendekat-menjauh itu sudah datang sekarang namun baru bisa dituntaskan di masa mendatang. Tak terperi siksa batin yg akan dialami di masa sebelum penuntasan konflik tersebut, bahkan masa penyiksaan itu bukan jaminan konflik dapat berakhir dengan baik. Adakalanya justru melahirkan konflik-konflik baru yg lebih menyiksa.

Bukan sesuatu yg ga mungkin kalo konflik mendekat-menjauh itu diselesaikan diawal datangnya konflik. Bahkan akan lebih baik bila segera tuntas sehingga penderita konflik terhindar dari dilema batin yang mendalam. Namun ga semua orang memiliki keberanian untuk menyelesaikan konlfik mendekat-menjauh yg dialaminya diawal waktu. Banyak hal yg bisa dipelajari dari orang-orang seperti ini. Masalahnya menemukan orang-orang seperti ini seperti mencari daun hijau muda di saat musim gugur. Langka.

Kenyataan bahwa galaunya perasaan sang penderita konflik beserta kenyataan sulitnya menemukan pedoman serta merta menyeret seluruh aspek hidupnya untuk terlibat dalam kerisauan. Dimana kerisauan tersebut hanya mampu memandangi penderita konflik yang berjalan oleng membimbing langkahnya tanpa pegangan, sendiri meraba-raba dalam kelabu hamparan persimpangan.

Pada akhirnya kita tetap harus menentukan sikap, berpihak pada satu simpang. Apapun jenis konflik, bagaimana datangnya, apa saja dimensinya, siapapun yg terlibat, semua tak lepas dari diri penderita juga, dialah yang harus menyelesaikannya sebagai tanggungjawab dirinya yang terjebak dengan kondisi demikian. Dengan sedikit keluasan hati, segala rangkaian kejadian yang mungkin mendatangi setelahnya bisa kita ambil sebagai ibroh, kepekaan hati, pengantar kebijaksaan, betapapun memilukan… wallaahualam.

G30S (Gempa 30 September) (1): Antara Cobaan dan Hukuman

Bismillah,
Marilah kita mulai postingan kali ini dengan menundukkan kepala sejenak untuk berdoa atas musibah gempa di bumi Minangkabau 30 september 2009 lalu…

Seperti yg diajarin nyokap, gw meyakini bahwa yg namanya musibah slalu datang pada saat kita lengah. Pada saat kita ngerasa aman. Ketika Padang sibuk mengantisipasi kalo2 bencana tsunami datang, musibah justru menghampiri di darat melalui runtuhnya bangunan2, bahkan longsoran tanah menimbun 3 desa/nagari di Pariaman sana, menimbun sluruh penduduknya, seperti Allah menghilangkan negeri Saba’. Innalillah…
Kita tentunya udah tau besarnya dampak gempa kemaren dari berita2 di berbagai media. Sebuah pemberitaan yg membobardir yg bahkan sampai H+10 masih berkembang dan masih belum maksimal untuk meliput seluruh tragedi yg terjadi. Sebuah tragedi antara cobaan dan hukuman…
Tiga hari pasca gempa ada temen gw yg nanya, “sebenernya gempa kali ini cobaan atau hukuman sih?”
Jawabannya sama aja buat pertanyaan kek gini, “duluan mana telur ato ayam?” ato “tomat itu sayur ato buah?” Sama aja. Absurd. Tergantung dari sisi mana kita ngeliatnya. Tertangkapnya seorang garong tentu kesialan bagi garong tsb, namun keuntungan bagi masyarakat. Turunnya hujan tentu berkah bagi petani, tapi nggak buat orang yg lagi ngadain kondangan. Tiap musibah sama aja kek analogi barusan.
Permadi Alibasyah dalam bukunya ‘Bahan Renungan Kalbu’ (2000) menyatakan dari seluruh ayat dan hadis yg berisi dalil-dalil tentang musibah, paling nggak ada 3 konsep dimensi:
- Sebagai hukuman dari Allah atas pembangkangan yg dilakukan (konsep sebab-akibat)
- Sebagai penebus dosa di dunia sehingga dengan demikian Allah meringankan siksaan akhirat
- Sebagai cobaan untuk menguji keimanan umat-Nya. (anak sekolahan aja di uji kan buat naek kelas?)
Walopun dari ketiga konsep diatas ujung2nya sama aja: musibah, tapi tetep bagaimana kita meyakini en menyikapi musibah tsb, kek kata pepatah, “apa sih artinya pena emas buat orang yg ga bisa nulis?” orang yg bisa nulis tentu akan menghasilkan ‘sesuatu’ sewaktu ngedapetin pena emas tsb, sedangkan yg ga bisa nulis ga ngasilin apa-apa, bahkan nganggap pena emas itu cuma sbagai beban karna kudu dijaga. En sebaik-baik sikap ketika ngedapetin ‘pena emas’ adalah beristighfar dan berserah diri ‘innalillaahiwainailaihiraji’uun’… darimanapun sudut pandang kita.
“… boleh jadi engkau membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) engkau menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedangkan engkau tidak mengetahui.”

Ramadhan Review

Walopun telat beberapa hari, gw masih pengen ngucapin
SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1430 H
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN ^_^

anyway, gimana puasa temen2 sebulan ini? Ada yg sukses dapetin lailatul qadar ga?

Kalo gw yg ada ramadhan kali ini malah bikin kurus, puasa sukses merampas cadangan lemak tubuh gw yg emang dikit, kek kata nyokap gw

nyokap :

rif, sejak puasa kemaren kok kamu makin kurus? biasanya tiap puasa badanmu nambah..
gw :masa'?
nyokap :iya liat muka kamu tuh udah bersegi-segi gitu.. kamu ga make narkoba kan?
gw :HAH???

Bujug deh gw disangka konsumsi obat2 terlarang, minum tablet bodrex rasa jeruk aja gw teler..
Pas gw critain ke temen gw
gw : eh, gw puasa kok tambah kurus ya?
temen gw: PUASA LO GA BERHIKMAH SEEH!!!!!
Huh, salah nanya orang deh keknya...

Terlepas dari kontroversi bodi tipis gw yg banyak diidam-idamkan calon model di paris en milan sana (haha), gw ngerasa perkataan ngaco temen gw itu ada benarnya juga.
Gw jadi ngerasa ga pantes buat ngerayain lebaran. Lebaran cuman buat yg berhasil ngelewatin ujian slama sebulan penuh. Lahir batin.
Gw belon sukses ngejalanin Ramadhan taon ini dengan baik, sifat jelek gw ga berkurang, ibadah juga kaga ningkat. Grafik spiritual gw slama ramadhan ini lebih jelek dibanding ramadahan2 sebelonnya.


Moga kalo Allah masih ngijinin buat ketemu Ramadhan brikutnya gw bisa lebih baik lagi.

Slamat tinggal Ramadhan 1430 H, slamat datang kembali rutinitas dunia..

Bailout Bank Century

Huahh.. rahang gw lagi sakit gara-gara kebanyakan nguap, dan gw itu kalo nguap mangapnya gede banget, moncong buaya aja kalah, makanya rahang gw sakit jadinya... hehe

Selain karna 'menderita' kontra-insomnia yg gw critain kemaren yg bikin gw sering nganga buat nguap, seminggu ini mulut gw juga nganga ngedenger kasus dana talangan Bank Century (BC).Dana segede 6.7 triliun rupiah yg dikasih pemerintah melalui LPS atas ijin menkeu Sri Mulyani kayaknya ga masuk diakal banget.

Mungkin temen2 masih inget awal mula kasus penggelapan dana nasabah yg dilakukan pemilik dan pemimpin BC beberapa waktu yg lalu, gw juga pernah ceritain kasusnya DI POSTINGAN INI. Nah, Bank Indonesia (BI) menilai kondisi kapitalisasi BC udah masuk kategori gagal en perlu diambil-alih LPS. Jika BC ga segera diselamatkan dan dibiarkan bangkrut gitu aja maka dapat memicu kepanikan masyarakat dan pasar uang. Sistem pembayaran juga terancam karna ada 23 bank lain yg diangap BI berpotensi krisis.

Makanya BI berkordinasi dg pemerintah melalui Menkeu buat nyediain dana talangan (bailout) untuk menyelamatkan BC. Dana kucuran yg diturunin empat tahap itu ampe juni 2009 udah mencapai Rp 6.7 triliun! gw ulang deh biar kagetnya lebih ekspresif: dana talangannya udah mencapai 6.7 triliun rupiah! Haha... kenapa gw fokus di nominal tersebut, karna itulah yg dipermasalahkan berbagai pihak saat ini. Yang dipermasalahkan bukan kenapa BI mau menyelamatkan BC, tetapi kenapa dana penyelamatannya bisa segede itu!

Paling nggak yg dipermasalahkan masyarakat (berdasar fakta dan kondisi yg ada):
- Dari Rp 6.7 T tersebut, belum serupiah pun yg sampai ke tangan nasabah yg udah dirugiin.
- Dana yg udah diturunkan pemerintah (dari november 2008 sampai juni 2009) mencapai Rp 6.7 T, tetapi BC masih aja membukukan rugi tahun berjalan hingga Rp 9.04 T. WTF????
- Dana talangannya kok bisa 5 kali lebih gede dari assetnya yg cuma Rp 1.3 T??? Edannn...
- Anggaran Depperin aja cuma Rp 1.6 T, sementara Depkop cuma Rp 700 miliar, lha kok BC yg cuma bank swasta kecil itu aja bisa dikasih ampe Rp 6.7 T. Bahkan permintaan TNI untuk menambah perlengkapan militer yg jelas2 untuk pertahanan bangsa ditolak pemerintah (menkeu). Sekali lagi, WTF?????

Sepanjang yg gw tau, program bantuan pemerintah berupa dana talangan/bailout ga pernah sekalipun yg sukses, contohnya aja kasus yg terkenal en terbodoh pada 1998, kasus BLBI yg justru membuat Indonesia berhutang sampe tahun 2033! Kejadiannya ga cuma di negara berkembang, di negara majupun sama aja. Kita tau kemaren pemerintah AS ngasih dana bailout sebesar $ 700M buat menyelamatkan industri otomotif, khususnya pabrikan General Motor, namun yg ada sebulan kemudian GM justru makin mendekati kolaps. Jadi kesannya pihak-pihak yg mendapat dana bantuan malah jadi manja, dan efek lainnya tentu perusahaan-perusahaan yg juga terancam krisis akan membiarkan krisis terjadi, toh nanti akan dibantu pemerintah juga...

Hal inilah kayaknya yg perlu dipikirin lagi oleh pemerintah, apalagi buat menkeu sri mulyani agar bisa kembali dipercaya buat memimpin depkeu 5 tahun kedepan. Performa beliau yg slama ini bagus malah rusak di akhir masa jabatan gara2 teledor mengeluarkan dana masyarakat sebesar Rp 6.7 T untuk hal yg ga urgent dg kondisi bangsa saat ini. Ingat Buk, Rp 6.7 T itu gede, sangat berfaedah jika digunain buat bangun sekolah, apalagi kalo dibeliin ke es duren, semua penduduk Indonesia bisa kebagian lho... (duh, lupa kalo lagi puasa, mikirnya es mulu..hehe)

Zzzz... Zzzzzz......

Halo semua … ^_^
Bagaimana puasanya? Gimana kalo sambil nungguin bedug buka kita ngabuburit dulu sambil ngemil korma en minum the botol? Seru kan? Hehe, ga usah diikutin, mending melakukan sesuatu yg berguna biar dapet pahala, bahkan tidur di bulan Ramadhan pun dinilai ibadah lho…

Ngomong-ngomong tentang tidur, gw lagi bermasalah dg pola tidur gw. Gw ga tau apa ada istilah medis untuk gangguan tidur yg gw alami ato nggak, tapi gw sebut aja nama gangguannya ‘kontra-insomnia’. Gw sebut kontra-insomnia karna kalo penderita insomnia kesulitan tidur, gw malah terlalu gampang untuk tidur! Walah… dan waktunya itu lho, kebangetan. Gw bisa tidur lebih awal dari waktu tidur normal dan kemudian bangun lebih telat. Itu juga diluar tidur siang gw. Bahkan dulu pernah pas pulang kuliah gw tidur di bis trus dibangunin sama kernetnya “dek, dek, mo turun dimana? Ini udah nyampe, kita udah mo muter balik..” ampun dah…

Dulu gw sempet baca artikel yg bilangin kalo tidur itu yg penting bukan kuantitas ato jumlah jam tidur, tapi kualitasnya. Di artikel laen juga ada yg bilang bahwa kebutuhan tidur seseorang ntu berbeda-beda. Ada yang 4 jam sehari aja udah cukup, ada juga yg udah lebih 9 jam masih aja ngantuk. Dan gw termasuk contoh yg kedua. Kalo seandainya ada lomba tidur di acara 17-an, mungkin gw bisa ikut, bahkan bisa aja jadi pemenangnya. Ato temen2 pernah nonton salah satu episode Doraemon dimana Nobita menjadikan tidur sebagai tolok ukur ke-keren-an seseorang, semakin gampang tidur, smakin terpandang di masyarakat, bahkan waktu itu Nobita ngebikin Hari Tidur Nasional. Haha… gw berharap kalo emang bener kejadian…

Setelah dipikir-pikir, bener juga kalo kebanyakan tidur itu menghambat produktivitas. Ga hanya karna jatah waktu yg berkurang, tapi tubuh juga ga sehat jadinya, males gerak, males mikir, bawaannya laper mulu, yg dikangenin cuman kasur (selain behelorens). Hhhh.. gw jadi iri dg penderita insomnia, nggak nggak, gw tarik ucapan gw. Karna salah satu Tokoh Insomnia Dunia, Michael Jackson, telah mencontohkan pada kita semua bahwa insomnia itu ga baik. Niat awal cuman pengen bisa tidur barang sejam-dua jam, eh malah ketiduran untuk seterusnya… gak, gak, gw ga mau insomnia juga.

Gw cuman pengen bisa tidur normal, tidur tepat waktu trus subuh udah bangun. Dan momentum Ramadhan ini gw coba jadiin ajang latihan buat ngelatih pola tidur gw, dan dari seminggu puasa yg udah gw lewatin hasilnya antara lain:
-melewatkan satu sholat isya en tarweh di masjid karna ketiduran habis berbuka (kekenyangan keknya,haha)
-hampir melewatkan tiga kali sahur karna baru bangun 15 menit sebelon imsak
-kalo yg ini tiap hari slama seminggu ini: bangun lagi pas tidur sehabis solat subuh baru jam 11 siang, paling cepet jam 9!

Waktu kemaren gw konsultasiin sama kakak gw, dia ngasih pendapat bijaksana yg menyejukkan rongga di kalbu: “Ah, itu emang dasar kamunya aja pemalas kayak kebo…”
T_T

Marhaban ya Ramadhan... =)

Haihai, pa kabar smua? Gw lagi seneng sekarang, kenapa? Karna sehari lagi Ramadhan… yihaa… yg artinya gw bakal ketemu makanan2 enak tiap sore slama sebulan kedepan! Hahaha,.. nggak juga kok, emang bawaan gw aja yg emang seneng kalo mau masuk ramadhan, suasananya khas, melekat kuat di memori gw. Gw juga pernah denger hadis Rasulullah SAW yg inti hadisnya bilang, siapa aja yg seneng menghadapi bulan ramadhan, maka baginya diharamkan neraka. Mudah2an kita smua berada dalam golongan yg diharamkan neraka, amiiinnnn…..
Mengenai makanan yg membanjir slama bulan ramdhan, emang bener gw doyan kok, tapi bukan skala utama kesenangan gw terhadap ramadhan. Lagian, aplikasi ramadhan ---yg salah satu tujuannya untuk blajar ngendaliin hawa napsu en sikap toleran terhadap kaum kurang mampu--- keknya udah ga berjalan sesuai jalur. Udah jadi paradoks. Kita justru lebih konsumtif saat ramadhan dibanding bulan2 lain. Ato itu mungkin karna ramadhan bulan istimewa kali ya? Makanya tingkat konsumerisme kita juga ‘istimewa’, hehehe,,,

Bagi gw, ada beberapa hal yg menyertai masuknya ramadhan kali ini:
1.Semester pendek gw baru aja selesai dg hasil yg wallahualam, tapi mudah2an bagus,
dan hasil studi semester lalu juga udah keluar semua dg hasil naudzubillah… T_T
2.Padang digoyang ama gempa lagi, jadi inget ramadhan 2007 yg sehari sebelumnya juga di goyang gempa yg bikin gw ngungsi ke indarung…
3.Kakak gw akhirnya dapet sim juga buat nyetir di jalan raya. Pas ngeliat kakak gw tes praktek nyetir gw takut:
-takut kakak gw ga lulus karna nyetirnya belum terlalu gape,
-takut instrukturnya tewas di tempat karna ketabrak kakak gw,
-takut kalo guru nyetirnya (gw) jadi diciduk polisi gara2 temennya tewas

Oya, gw lupa ngucapin di awal tadi, gw mo ngucapin mohon maap lahir batin sama pembaca semua atas sgala kesalahan en kekurangan gw. Moga2 kita bisa memasuki ramadan dg hati yg bersih sehingga ibadah ramadan kita bisa lebih optimal en diterima oleh Allah SWT. Aminn…

Btw tentang ibadah, menurut gw tiap ibadah itu ada etika sosialnya juga yg kudu diperhatiin, ga semata-mata mengenai rukun doang. Jadi pas gw ikut kepanitiaan ISEI sekitar 3 minggu lalu, gw sholat jumat di salah satu mesjid di bukittinggi, yg kata orang merupakan mesjid tertua di sono, usianya 6 abad (gw lupa nama mesjidnya apa). Gw sih ngangguk2 pecaya aja, lha usia NKRI yg ultah ke-64 aja gw baru ngeh kemaren pas liat spanduk di depan kantor walikota…
Di tiang2 en dinding2 mesjid ntu ada peringatan yg nyuruh jemaah utk meng-non-aktifkan ponsel atau disetting silent. Pas protokol ngasih pengumuman sebelum khotbah beliau juga ngingetin jemaah buat non-aktifin hp. Pas mo mulai sholat, imam sholat sekali lagi ngingetin jemaah hal yg sama.
Nah,..seperti biasanya pas duduk tasyahud sebelum salam, suasananya hening banget. Bahkan kalo ada orang yg batuk2 kecil di shaf paling belakang, bisa kedengeran ampe shaf paling depan, yg jaraknya lebih dari 20 shaf. Sewaktu suasana lagi hening kek lagi di pemakaman gitu tiba-tiba… “…IBU-IBU BAPAK-BAPAK SIAPA YG PUNYA ANAK BLABLABLA….” Ternyata hp salah seorang jemaah 2 shaf di depan gw bebunyi dg ringtone lagu kebangsaan para lajang frustasi tsb. Buset. Mana suara hp-nya kenceng lagi. Gw yg salatnya ga terlalu khusyuk aja keganggu, apalagi yg salat kusyuk, pasti konsentrasinya langsung pecah. Jadi pesan moralnya: jangan pernah menggunakan ringtone yg bisa menyinggung perasaan orang2 yg masih lajang di usia tuanya!!! Eh, maksudnya jagalah etika sosial ketika kita berada di tempat umum, apalagi di tempat ibadah!!! Gitu…
Udah gitu aja dulu, terakhir, gw mau ngasih tau dunia: GW ONLINE DI WARNET DI KAMPUNG GW SUNGAYANG BATUSANGKAR!!!! Horehore,.. kampung gw udah masuk internet lho…. T_T
Terkadang pernah disesalkan
putik-putik dilema yang kuncup,
mulai berbuah...

Uhukk..uhuk...

Kalo disuruh pilih santai tapi sakit ato sibuk tapi sehat, gw udah tentu milih santai tapi sehat... lho?? hehe, gimanapun, gw lebih milih kondisi sehat apapun keadaannya daripada sakit.
Tapi keinginan gw ga tercapai slama +/- 3 minggu ini, gw terserang alergi, flu, pilek, demam, meriang, batuk, pusing2 yg ga ilang2.
Waktu kemaren sempet sih sembuh slama 3 hari gw ikut acara Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia di Bukitinggi, tapi pas balik ke padang demam en meriang gw kambuh lagi. ampe sekarang. buset dah....
dan kondisi ini bener2 bikin gw ga nyaman, gw jadi kehilangan lebih banyak momen gara2 sakit. gw ga bisa nemenin Behelorens pergi, gw ga bisa ikut temen2 yg lagi nyiapin acara di mesjid, gw ga bisa ikut temen2 RombonganSirkus jalan2 ke danau maninjau, gw ga bisa nolongin orang yg lagi nyari data di Pojok BEI, gw ga bisa blajar optimal buat ujian (kalo yg ini ga pengaruh sakit ato ngga,hehe), gw ga sempet bikin postingan2 di blog lagi, dll..
Serius deh, ga ada enaknya sakit gini, mo mlakukan sesuatu ga ada gairah, tubuh gw bergerak, tapi jiwa gw ga ngedukung, kalo temen gw bilang kayak mayat jalan. ga produktif..
Gw sih nyoba ngambil hikmah aja, siapa tau slama ini gw memang terlalu sibuk dan kurang istirahat? ato slama ini gw ga bisa memaknai kesehatan gw dg baik? ato emang bener batman itu mukanya baretan hingga perlu ditutupin topeng? hanya Tuhan yg tahu...
jadi sodaraku, maknailah kesehatan kalian dg baik, syukuri, jaga, dan lakukanlah sesuatu yg bermanfaat dg kesehatan itu,. betul tidak?(aksen aa gym)

IHSG vs Teroris

(tulisan yg harusnya sejak seminggu lalu di posting, tapi belonjadi2 karna keburu dapet alergi yg diikuti demam hebat yg bikin gw tepar berhari-hari... hehe lebah, eh , lebay.... =))



Meledaknya bom di hotel jw marriot utk kali kedua pada jumat pagi kemaren bener2 disayangin banget. Sayang karna jw mariot jadi kayak keledai yg terperosok dua kali ke dalam lobang yg sama. Sayang karna banyak memakan korban. Sayang karna MU batal ke Jakarta dan kerugian bagi promotor maupun masyarakat. Sayang karna presiden SBY terlalu buru2 ngeluarin stetmen yg ‘ke-geer-an’. Sayang karna merusak citra Ind’sia yg baru aja dipuji2 karna pelaksanaan pemilu yg aman, dan sayang karna lagi-lagi disangkutpautkan dg ajaran Islam (suatu pendapat yg tak beralasan).
Namun keliatannya efek buruk ledakan ga berlanjut ke pasar modal Ind’sia yg diukur melalui IHSG. IHSG pada jumat lalu ditutup di level 1.206 atau hanya turun 11 poin( 0.55%). Penurunan indeks yg tajam terhindarkan karna bom meledak pada akhir minggu dimana biasanya emang pada akhir minggu volume perdagangan lebih kecil karna aksi profit taking investor untuk merealisasikan keuntungan selama seminggu. Melemahnya indeks yg tergolong wajar juga ga lepas dari kondisi eksternal (indeks regional) yg mulai membaik serta adanya penguatan harga komoditas utama dunia (jawa pos, 18juli’09). Bahkan saham Holcim (SMCB),dimana presdir mereka turut menjadi korban, ditutup melemah cuman 50 poin, hanya setengah dari penurunan saham sesama produsen semen lainnya, semen gresik (SMGR), yg turun 100 poin.
Bisa dibilang IHSG udah cukup imun terhadap dampak aksi2 pengeboman yg terjadi di ind’sia. Dari tragedi-tragedi pengeboman kek itu, yg sangat berpenagruh pada pasar adalah peristiwa bom Bali I dan bom jw marriot I. Pada bom bali I yg menewaskan 202 orang, IHSG jatoh ampe 10.36%, sementara bom jw marriot I pada Agustus 2005 IHSG turun 3.05%. (kompas, 18juli’09)
Sedangkan pada aksi-aksi peledakan lainnya, pasar bisa bertahan, bahkan IHSG meningkat. Seperti waktu kejadian bom Kedubes Ostrali dan bom bali II. Pengeboman kedubes ostrali pada 2004 ‘hanya’ mampu mengoreksi IHSG sebesar 6.95 poin atau (-0.9%). Bahkan pada bom bali II IHSG justru meningkat 0.38%, walopun waktu itu beberapa saham bluechip seperti ASII sempat rontok, itu justru lebih karna faktor dinaikkannya harga BBM oleh pemerintah yg beriringan dengan kejadian penegboman. (andy porman, 2007)
Kemampuan indeks untuk bertahan terhadap isu-isu buruk tentang pengeboman ga bisa dilepasin dari kemampuan investor di bursa Ind’sia yg masih bisa berpikir jernih dan keyakinan bahwa Ind’sia masih merupakan tempat yg aman untuk berinvestasi (walopun gw kurang seneng karna yg investasi di ind’sia kebanyakan orang asing). Moga-moga IHSG yg bertahan dari serangan teroris itu ga cuma sekadar bubble yg bisa berdampak buruk terhadap perekonomian Ind’sia.
Oya, semoga para teroris tsb segera insap en ngegunain ilmu mereka untuk hal-hal yg lebih bermanfaat untuk orang banyak. Amiin..

Pilpres Pilih Siapa?

Hufh… udah lama ga update2 postingan gara-gara ujian akhir bikin gw kangen sama blog gw. Dan trima kasih buat smua yg udah ngedukung en manfaatin blog gw baik sebagai sarana hiburan maupun sebagai sarana pembelajaran, khususnya pasar modal tercinta. Love u all guys
PS: Jika ada tugas akhir temen2 yg ditolak dosen gara2 ngambil referensinya dari blog ini, gw MENOLAK untuk tanggung jawab! Hehe… :-P
Sebelonnya gw juga pengen ucapin selamat buat om Ito Warsito en rekan yg kepilih sebagai Dirut en direksi baru Bursa Efek indonesia setelah menang suara pada RUPS BEI Rabu 24 Juni lalu. Moga2 jajaran direksi yang baru bisa ngemban amanah dengan baik untuk memajukan pasar modal Indonesia.
Ngomong2 tentang pemilihan, kurang dari seminggu alias tinggal itungan hari doang, ind’sia bakal ngadain hajatan pemilu presiden periode 09-14. Udah tau mo milih siapa? Belum? Tinggal beberapa hari lagi tapi masih belum tau milih siapa? Gapapa koq, gw juga belum tau bakalan milih siapa. Hehe…
Dari tiga calon yg tersedia ga satupun yg menarik minat gw (apalagi calon nomor 1), ketiga-tiganya sama aja, sama-sama ga jelas. Ah, andaikan Farah Quin en Aura Kasih ikut ngajuin diri sebagai capres en cawapres, tentu gw ga bakal bingung gini…. (mupeng)
Dalam kesempatan ini gw ga akan ngebahas para capres2 tsb, kek yg udah gw nyatain di postingan tentang pemilu partai yg lalu, gw lagi ga tertarik dengan hal ‘disgusting’ bernama politik…
Tapi ada salah satu prinsip investasi yg mungkin bisa temen2 jadiin sebagai patokan dalam milih capres ntar. Bunyinya kira2 kek gini:
“Jika suatu produk investasi berarni menawarkan return yg tinggi, itu berarti pertanda buruk”
“Dan jika ternyata return tinggi tersebut terealisasikan, maka itu berarti BENAR-BENAR pertanda buruk!” karena pasti ada manipulasi di dalamnya..
Gitu juga mungkin dalam milih presiden ntar, “jika ada capres yg nawarin janji yg muluk2, maka mereka patut dipertanyakan”, en “jika ternyata janji muluk2 tersebut tercapai seandainya mereka terpilih, maka mereka BENAR-BENAR patut dipertanyakan”
Udah ah, gitu aja dulu…
Selain pemilu, kuliah semester pendek gw juga mulai start minggu ini. Mudah2an lancar2 aja en bisa dapet nilai bagus, soalnya dosen gw nawarin ikut proyek buat akhir bulan. Job-nya masi samar-samar, belum dijelasin secara detail sih, tapi keknya menarik juga….
Oya, jangan lupa buat ngisi poling capres-cawapres pilihan di kolom poling sebelah kanan atas page ini,.

Highway



Melekat cepat di mil-mil pekat panjang
Mengikuti lekuk lengkung sempurna pelangi petang hari
Damai menentramkan, galau mendebarkan...

Marketing case: RS Omni's Blunder

Awalnya kasus mbak Prita Mulyasari dengan RS Omni Int’l kayak kasus2 kebanyakan, tentang kekecewaan seorang pasien dengan buruknya layanan sebuah rumah sakit. Suatu hal yg sangat umum di Ind’sia.
Namun belakangan kasusnya udah meler2 kemana-mana kayak ingus yg ga dibersihin, mulai ranah hukum, etika profesi, demokrasi, kebebasan berpendapat, dll. Kasusnya juga udah ngelibatin banyak pihak; kejaksaan, kepolisian, IDI, blogger2 en facebooker (cause-nya di fesbuk udah ada 10!), capres2, maupun para clubbers di klab2 malam (lho, siapa tau anggota kejaksaan itu ada yg doyan ajib2 kan? Paling nggak nyambung juga walo pun dikit.. hehhe..)
Gw pribadi ngeliat langkah Omni yg menuntut mbak Prita dg tuduhan pencemaran nama baik melalui pengadilan adalah langkah yg kurang pas.
Kita tau, dalam marketing ada yg namanya branding. Branding ini tercipta ato diciptakan oleh berbagai hal, salah satunya melalui kebijakan2 perusahaan seperti melalui layanan pelanggan. Kalo menurut Om Hermawan Kartajaya, branding itu inti dari segitiga Newwave marketing yg terdiri dari positioning, differentiation, dan brand (PDB).
Jadi walopun kita punya produk yg keren (brand), berbeda dari yg lain (differentiation), dan mempunyai target market yg jelas (positioning), tapi kalo branding kita udah terlanjur jelek maka PDB tadi bisa sia-sia aja.
Kita juga tau, dalam marketing ada yg namanya word of mouth, dan dikebanyakan kasus khususnya usaha yg bergerak di bidang pelayanan jasa, kekuatan word of mouth bisa sangat-sangat-sangat efektif dalam branding dibanding pemasaran melalui advertising.
Mungkin hal itu yg disadari oleh manajemen Omni, curhat mbak Prita ke temen2nya bisa aja trus berlanjut yg bisa berakibat menurunnya jumlah pasien mereka. Makanya mereka merasa perlu segera “menghentikan” curhat2an mbak Prita.
RS Omni berpendapat dengan diatahannya mbak Prita serta merta kejelekan pelayanan mereka juga otomatis akan berhenti diomongin banyak orang.
Nah disinilah kekeliruan Omni, kearoganan mereka udah jadi bumerang. Dari yg awalnya cuma ingin menutupi kejelekan mereka dari segelintir orang (mbak Prita en temen2nya), sekarang SELURUH INDONESIA bahkan DUNIA udah tau gimana keadaan sebenernya.
Beberapa situs berita international seperti straitstime.com (s’pore), AFP (prancis), news24.com, AAP (ostrali) memuat berita2 yg terkait kasus tersebut (Kompas, 6 Juni 09).
Jadi keputusan Omni yg hanya akan menarik gugatan mereka jika mbak Prita mau meminta maaf seakan jadi sia-sia aja, soalnya dunia udah terlanjur nge-judge pihak Omni-lah aktor antagonis dalam kasus ini. Bahkan DPR sampai berniat buat mencabut izin operasi Omni. Sialnya, sistem hukum dan peradilan Indonesia juga ikut keseret-seret en dinilai sangat lemah dalam melindungi kebebasan berpendapat warganya.
Balik ke masalah branding, menurut gw langkah selanjutnya yg mungkin sebaiknya dilakukan pihak Omni buat ngebalikin brand-nya yg udah ancur yaitu secara legowo narik gugatannya terhadap mbak Prita en selanjutnya ngebenahin sistem layanan mereka, khususnya dalam transparasi data kesehatan pasien.
Oh Tuhan,.. moga-moga aja tulisan hamba ini ga dianggap sebagai pencemaran nama baik. Amiin…. =)

Panas Panas Panassss....

Padang lagi panas-panasnya sekarang, 2 minggu lebih ga diguyur hujan! Kering!
Kalo udah kek gini gw jadi males ngapa-ngapain jadinya, oh bukan, ternyata gw males ngapa2in itu emang dari sononya, ga kepengaruh cuaca kok, hehe….
Dan minggu ini, di tengah panas yg menggila, slama tiga hari dari Senen mpe Rabu gw bolak-balik ke kawasan Pondok cuma buat refill cetridge warna yg udah abis di Pojok.
Gw ulang ah biar dramatis, gw bolak-balik buat refill cetridge doang slama TIGA HARI!!!!!
Jadi pas hari senen Dirut Pojok si Early minta tolong gw buat ngisiin ketrij
“rif, tolong isiin ketrij warna di toko ‘OI’ di Pondok dong, ga lama kok, paling lama 5 menit udah jadi”
“ok..”
Jadilah pulang kuliah gw kesono dan……. GW LUPA BAWA KETRIJNYA!!!!!!! Geblek…
Selasa sorenya gw kesono lagi bareng Behelorens, dan ternyata…. LAGI MATI LAMPU!!!!! Demmit!!!!!
Hari Rabu gw balik lagi sebelum ke kampus buat kuliah jam 1an, gw kesananya jam 12an…
Gw : mbak, tolong refill warnanya, canon…
Mbak yg jaga toko(MYJT): iya dek, 45 menit lagi di ambil ya…
Gw : sip! LHO…. 45 MENIT LAGI????
MYJT : iya, 45 menit lagi…
Gw : nggak lima menit aja? Temen saya bilang cuman 5 menit…
MYJT : ya ga bisa la, ketrijnya dikuras dulu, trus dikeringin, baru diisi… buat tinta item aja perlu 40 menit…
Gw : oh gitu ya? 45 menit lagi? (mulut gw keluar busa)
MYJT : iya dek…
Gw : mbak serius?
MYJT : …
Dan Alhamdulillah…. Gw telat kuliah…
Ngomong2 tentang Pojok, keknya sekarang Pojok ga cuma ngelayanin pancarian data pasar modal doang, tapi udah nambah jadi bisnis kasino en ramal2an kartu.
Gw bareng temen2 kelas (termasuk Dirut Pojok ndiri si Early) ikut bertanggungjawab atas beralihnya kesibukan di Pojok, gimana nggak, tiap abis kuliah kita rame2 ke Pojok buat maen kartu, en yg paling sering kita maen Skip di sono. Seru. Lot of fun. Lot of laugh.
En tentang ramainya kegiatan ramal-meramal, itu sepenuhnya tanggung jawab divisi PSDM Pojok, Hahaha….. Hampir semua anggotanya buka ‘praktek’ ramal pake kartu. Gw juga udah nyobain, hasilnya??? Whuahaha…. Norak gila…. Tapi seru juga, lot of fun, lot of laugh…
Oya, hari Jumat gw ketemu dg Guru gw
Seperti biasa kalo ketemu, beliau (taelah…) slalu ngasi gw nasihat2 en ajaran2 ‘kriminal’ yg keren namun menyesatkan, walopun ajarannya yg terakhir kali ga manjur sama sekali buat calon ‘korban’ kami, karna sang korban udah keburu milih ‘kriminal’ yg laen, haha…
Kemaren itu Guru ngasi nasihat yg bikin gw ngebuka lagi sebuah kotak dipikiran gw, sebuah kotak yg udah bertahun-tahun gw kunci serapat mungkin en sebisa mungkin slalu berusaha memperbaiki kotak itu.
Alhamdulillah… sejak malem itu ampe malem tadi gw jadi susah tidur... T_T

Pentingnya Mengetahui MKBD Broker Sebelum Investasi Saham

Brikut ini adalah artikel yg ditulis oleh salah seorang anggota gw di div litbang Pojok BEI Unand:

Dunia perekonomian Indonesia pada dewasa ini tak terlepas dari kontribusi pasar modal sebagai instrument investasi. Bagi para investor maupun calon investor yang tertarik untuk berinvestasi di pasar modal dengan instrumen saham, alangkah baiknya mengetahui “MKBD” broker atau pialang.
MKBD adalah singkatan dari Modal Kerja Bersih Disesuaikan. MKBD cukup penting untuk menilai kualitas suatu perusahaan sekuritas karena MKBD menggambarkan kekuatan atau besaran modal perusahaan sekuritas itu sendiri.
MKBD pada perusahaan sekuritas sama halnya dengan seperti Capital Adequacy Ratio (CAR) pada perbankan. Bagi sebuah bank, makin besar jumlah CAR, maka bank tersebut makin ‘sehat’. Demikian juga MKBD, jika MKBD sebuah sekuritas makin besar, maka sekuritas tersebut juga makin baik.
Berdasar data Bursa Efek Indonesia per Maret 2009, sepuluh besar perusahaan dengan MKBD terbaik adalah sebagai berikut:
1. PT Amantara Sekuritas
2. PT OSK Nusadana Sekuritas
3. PT Danareksa Sekuritas
4. PT Credit Suisse Securities Indonesia
5. PT Sinarmas Sekuritas
6. PT Trimegah Sekuritas
7. PT JP Morgan Securities Indonesia
8. PT Bahana Securities
9. PT CLSA Indonesia
10. PT Macquari Capital

Kekesalan Itu...

Gw lagi kesel, minggu kemaren pihak kampus bilang kalo sekretariat Pojok BEI mo dipindahin, belon tau kemana, tapi yg pasti bukan ke tempat yg strategis kek sekarang. Anjrit. Transformasi yg ditargetin Pojok periode sekarang bisa2 gagal, layu sebelum berkembang, halah…. En kalo sempet gagal aja gara2 itu, komisaris nyuruh gw bareng temen2 direksi laen buat ngebubarin aja Pojok BEI Unand, parah banget ga sih?
Selain isu kepindahan Pojok, gw juga lagi kesel gara2 tiga tim jagoan gw Juventus, Arsenal, sama Real Madrid gagal ngeraih satu gelar apapun musim ini. Huhuhu…
Inter, MU, Barca, KAMPRET LO SMUA!!!!!!!!!!
Kalo lagi kesel, gw biasanya ngajak orang laen ikut kesel juga, bukan…bukan ikut kesel sama masalah yg gw hadepin, tapi kesel ke gw! hahaha, kek temen gw:
“rif, lo ini kalo lagi kesel kok tingkah lo malah bikin orang kesel ke lo juga sih!!!”
“iye… maap…” (manut2)
“tapi juga ga berarti kalo tingkah lo baik, orang2 ga kesel ke lo….”
Gubrak!!!
Gw ga tau apa rasa kesel bisa berpengaruh ke makanan yg kita kunyah ato ngga, soalnya kemaren sore pulang dari kampus gw makan tahu goreng di deket rumah, en ntu tahu alot gila kek daging badak!(kayak yg pernah nyobain daging badak aja). Dalam hal ini, saran medis untuk mengunyah makanan sebanyak 33X berlaku!
Yang bikin gw heran, yg beli gorengan di sono rame bener… malah ada yg ngomong gini sama temennya “eh tahunya enak yah? Nambah yuk?” Nambah??? Pale lu pitak??? Gw aja satu susah ngabisinnya… kalo lo penasaran gimana rasanya, ambil sandal jepit, kasih cabe, trus kunyah deh…Huauhahaha... ups... lupa lagi kesel... Hrrgggrrhhhh.....

In Memoriam: Jefferson, and Pet Tips from the Dunce…

Gw masih dalam keadaan berkabung atas kehilangan Jefferson… dan nyambung postingan tentang Jefferson yg lalu, gw jd pengen bagi2 pandangan gw mengenai berbagai hewan piaraan, ini dia…
- Ikan Mas
Mulutnya kalo lagi megap2 lucu, sikapnya tenang, en yg pasti kita ga perlu repot2 ngajak dia jalan2 sore hari atopun dimandiin (maennya di aer mulu sih)..
Atu lagi, dia bisa dijadiin bahan makanan cadangan darurat….hehehe…
- Ular2an
Hmm….boleh juga, walopun tatapan matanya ngegambarin kelicikan yg dalem, tapi bisa bertahan ga makan slama sminggu..
Tapi kalo dia lagi memeluk (mlilit) lo, bukan brarti dia lagi nunjukin rasa sayang, bisa aja dia lagi pengen ada variasi menu makanan….waspadalah…
- Burung2an
Hewan yg suaranya paling merdu diantara sluruh hwan piaraan, tapi suka ngerepotin kita utk ngebersihin kandangnya…(pengalaman si…)
Satu lagi keuntungannya sama kek ikan mas tadi: bisa dijadiin bahan makanan cadangan darurat…
- Hamster
Spupu jauhnya tikus, tapi lbih lucu, imut2..
Tapi kalo ilang bakalan susah nyarinya, kecil banget…
- Kelinci
Sama kek hamster, lucu, tapi tampang polosnya itu nipu, gigi depannya apalagi, hati2 aja ma gi2nya itu, jangan lengah kalo lagi nyodorin makanan…(curhat) T_T
- Pinguin
Waow…. keren banget kalo lo punya. Saran gw kalo lo punya kulkas segede kontainer silakan, tapi klo ga punya, lupain!
- Puppy/anjing
Salah satu binatang paling setia sama majikan, tapi baunya amit2….
- Landak
Bukan hewan piaraan sih sebenernya, tapi keknya temen gw si anggit di RombonganSirkus punya pendapat lain… dia miara seekor di rumahnya. (Sumpah!!!)
- Kucing
Setia, klo udh jinak bisa digrepe2, bisa nyari makan ndiri, betinanya kalo lagi jalan juga seksi hehehe….
Kurangnya: suka nyuri makanan, yg paling parah pas tengah malem kumat resenya, ngeong2 minta kawin… bikin susah tidur…
Itu dia pandangan gw mengenai +/- hewan2 piaraan. Oya, perlu gw jelasin disini, kata2 ‘HEWAN PIARAAN’ itu NYATU dalam satu artian, jadi TOLONG JANGAN DIPISAH masing2 antara ‘HEWAN’ atopun ‘PIARAAN’, artinya beda! mwuehehehe….

My Hedonism View

Matt Leblanc yg berperan sebagai Joe di serial tipi Friends pernah bilang bahwa sekarang televisi udah jadi kiblat perabotan rumah tangga. Seluruh perabotan rumah tangga mulai dari sofa, meja, ampe lemari semua di dekor ngadep ke tipi. Tapi ga bisa boong juga kalo sekarang bahkan penghuni rumah pun semua berkiblat ke tipi.
En sebagai salah satu korban hedonisme peradaban liberal yg makin hari makin parah, bisa dibilang gw cukup banyak ngabisin waktu di depan tipi. Tapi beberapa hal yg ngebedain gw dengan hedonis2 lain yaitu: gw ga nonton sinetron, gosip, reality show aneh2, ato pun yg nampilin manusia dengan jendernya yg nyangkut di awang2 seperti si O ato si R (You know who) hehehe…
Gw lebih seneng nonton brita, acara olahraga, program2 yg ngegambarin alam kek national graphic, film2 box office, trus musik en komedi (yg bikin gw tepaksa ngeliat si You Know Who tadi,hehe).
And believe it or not, gw sempet hapal sluruh jadwal acara metro tv dari jam 6 pagi ampe jam 12 malem, dari senen ampe senen lagi!!!!!! Gw juga sempet hapal SEMUA penyiar cewe di metro tv, bukan hanya nama, tapi juga profil singkat mereka!!! Mulai dari penyiar paling senior di sana kek mbak Fifi ampe penyiar paling baru kek mbak Aviani. Hahaaha….
Selain televisi, media hedonisme lain yg sama aja bikin gw bingung adalah media cetak, contohnya aja di sebuah majalah yg gw baca, ada artikelnya yg nyuruh kita sebagai makhluk peradaban modern supaya ngga percaya dengan hal2 berbau tahayul, ramalan2 ato apalah. Eh ternyata ntu majalah juga punya rubrik tetap: Zodiak Minggu Ini! Malah pake masang2 iklan layanan sms reg ramal2an segala!
WTF??????
Ato contoh laennya sebuah harian umum di Kota Padang yg ngakunya menjunjung tinggi nilai2 adat Minangkabau. Di salah satu edisi hari Minggu-nya ada artikel yg ngegambarin kekecewaan harian tersebut dengan rusaknya moral anak2 muda Sumbar. Eh, masa di rubrik lain mereka malah masang sebuah kolom yg ngasih tips n trik buat pembaca gimana cara mencium pasangan dengan baik???
WTF???????????????????? Gimana ga aneh en bikin bingung coba? Fiuh… emang udah deket kiamat kali ya??? (nah, ramalan lagi bukan? Hehe)

Serba-serbi Pasar Modal: Kasus Bank Century dan Discretionary Fund

Beberapa bulan kemaren kita dikagetin tentang kasus penyelewengan dana nasabah yg dilakuin oleh Sarijaya Sekuritas, salah satu perusahaan sekuritas terbaik di Ind’sia saat itu. Dan untung banget bulan Oktober 2008 lalu (sebelon kasusnya kebongkar), Pojok BEI Unand ga jadi deal kerjasama jangka panjang dengan pihak Sarijaya Padang, kalo jadi aja, bisa2 sekretariat Pojok BEI juga ikut2an diamuk massa. Hehe..
Belum jelas penyelesean kasus Sarijaya, pasar modal kita baru2 ini juga dihebohkan oleh kasus investasi fiktif Bank Century yg dana nasabahnya dikelola oleh Antaboga Delta Sekuritas. Dana nasabah sekitar Rp. 1.3 miliar belakangan diduga dilarikan oleh mantan komisaris utama Bank Century ke Jersey Island, Eropa. (Kompas, 21 April 2009)
Dalam hal ini, baik pihak Century maupun Antaboga menggunakan istilah produk investasi mereka sebagai Discretionary Fund (DF) atau Kontrak Pengelolaan Dana (KPD). FYI, produk DF ini ga termasuk sebagai produk yg diawasi otoritas pasar modal Ind’sia (dalam hal ini BAPEPAM-LK) dan ga dibahas dalam Undang-undang Pasar Modal (UUPM).
Pihak BAPEPAM berpendapat DF merupakan kontrak ‘private’ antara investor dan pengelola dana (Manajer Investasi) dan bukan merupakan penawaran umum. Sehingga kalo terjadi kontra-prestasi maka kudu diselesein kedua belah pihak dengan mengacu ke hukum perdata.
Celah itulah yg biasanya digunain oleh para Manajer Investasi (MI) bermental curut. Mereka sengaja menjual produk DF agar terhindar dari aturan dan pengawasan otoritas pasar modal.
Karna berupa kontrak prifat antara investor dan MI, jangka waktu pengelolaan dana beragam sesuai kesepakatan, mulai dari 3 bulan, 6 bulan, setahun, bahkan lebih.
Selain itu, umumnya DF memiliki jumlah investasi minimum dan tingkat imbal hasil yg jauh lebih tinggi dari produk2 investasi lain seperti reksa dana dan deposito bank.
Dengan tingginya nilai investasi minimum, seharusnya DF hanya ditawarkan kepada nasabah-nasabah besar dan yg bener2 ngerti investasi. dan sayangnya, dalam kasus Bank Century/Antaboga ini banyak nasabah yg terlibat dengan dana dibawah satu miliar.
Kalo menurut gw seharusnya untuk kedepan pihak BAPEPAM maupun Bank Indonesia lebih mempertegas regulasi ato pengaturan mengenai DF ini. Karna perlu diperhatiin, berdasar Data Statistik Pasar Modal dan Siaran Pers Akhir Tahun per November 2008, total dana DF yg dikelola oleh para MI saat ini sekitar Rp. 63 triliun. Angka tersebut diperoleh dari selisih antara total dana kelolaan MI sejumlah Rp. 132.4 triliun dan nilai aktiva bersih (NAB) reksa dana sekitar Rp. 69.3 triliun.
Dan brikut tips2 gw buat para calon investor discretionary fund (caelah…):
-perhatiin bener prospektus investasi, cermati kalusul kontrak di dalamnya
-pastiin dana buat investasi tersebut adalah dana lebih, yg udah ga tau bakal dikemanain lagi ntu duit
-inget rumus dasar investasi: high return = high risk
jadi jangan kejebak iming2 return tinggi karna risikonya juga tinggi. Itu pasti!!!
-cek lagi toleransi kita terhadap risiko,
kalo kita tipe agresif, embat dah ntu investasi DF.
Tapi kalo konservatif, mending jangan, cuma nambahin biaya buat berobat jantung doang… mending investasi di deposito, reksa dana, ato obligasi aja
Okay, segitu dulu, mudah2an bermanfaat, see ya…

In Memoriam: Jefferson, With his Love Story…

Di rumah, sampe dua minggu lalu, gw ada miara kucing seekor, badannya gede, warnanya kuning kecoklatan, namanya ehm…Jefferson, yaya, gw tau, terlalu ganteng emang namanya, untuk masalah nama ini, keknya ponakan gw si Shali yg maniak sama Harry Potter punya versi sendiri…
Shali : om, om, kucingnya lucu deh om.. (gw slalu brasa jd tua bgt dipanggil kaya gtu)
Gw : Ho’oh (dipikran gw: yaiyalah, yg punya pan juga lucu… hehe)
Shali: namanya siapa om?
Gw : hmm…Jefferson
Shali : Lho kok namanya gtu? Namanya Noris aja, kan biar mirip kyk yg di Harry Potter…
Gw : yee…mirip mah ya mirip aja, namanya juga ga harus kali..
Shali : GA MAUU…, pokoknya NORISNORISNORISNORIS….!!!!!!!
Gw : Buset!
Akhirnya tu anak gw ceburin ke akuarium di ruang tamu, hehe enggalah, yg pasti akhirnya dia manggil2 kucing gw pake nama Noris
Napa tiba2 gw crita2 tentang kucing gw disini? Tak lain tak bukan karena dia udah ngilang pas sejak dua minggu lalu waktu gw lagi mudik ke kampung. Hikshiks…
Gw udah introspeksi diri en nyari2 hal apa kira2 yg bikin dia kabur, dan brikut hasil introspeksi gw:
1. dia nyari majikan yg lebih perhatian, lebih tepat waktu ngasih makan…
2. selain tepat waktu, dia mau majikan yg ngasih makan Whiskas+susu protein tinggi, ga cuma ngasih sisa tulang ikan…
3. nikah siri… (serius lho…)
Jadi gini, belakangan Jefferson deket ama kucing betina, keknya pacarnya, gw kasi nama cewenya ehm..Rebecca, haha…
Nah, jujur aja gw sbg majikan rada2 kecewa sama pilihan kucing piaraan gw itu, Rebecca ntuh warna bulunya abu2 kumal, bedebu, en kucel.
Tapi si Jeffersonnya care banget, kalo gw ngasi makan, pasti di sisain buat Rebecca, nah kalo Rebecca lagi makan suka gw usirin huahahaa…Astaghfirullah…jahat banget ya…
Pernah tu kucing bedua ktmuan di bawah jendela kamar gw
Jefferson: meoong……..
Rebecca: mmeooonggg….
Jefferson: mmeeoong..
Rebecca: meooooong…….
Jefferson: meooongggg…
Oke..oke, kita sama2 ga tau apa yg mereka omongin, tapi habis ngobrol kek gtu, Jefferson tiba2 loncat ke deket Rebecca, ngimpit si Rebecca, dan…..MEREKA KAWIN AJA GITU JACK!!! Dibawah jendela kamar gw.....RRRrrrrrr…….. en untungnya gw ga ngiri liat mereka kawin, hehehe….
Karena gw ga tertarik ngliat kucing kawin, gw pegi, 10 menit abis itu gw balik lagi dan ternyata….MEREKA MASIH KAWIN!!!!! Saat itulah napsu jail gw muncul, TU KUCING KAWIN GW POTO!!!! Mana mereka cuek aja lagi…Huahahaha….
Tapi potonya buru2 gw delete, gw takut kena tangkep gara2 melanggar undang-undang pornografi dan pornoaksi, hahhahaa…
Huffhh….., kalo emang bener kawin lari, mo gimana lagi klo hati udah bicara, mudah2n si Jefferson bahagia bareng Rebecca, saling setia en percaya satu sama lain, saling melindungi en melengkapi, amiinnn… halah….ga jelas…
Dan gw sekarang lagi hunting nyari2 pengganti Jefferson, butuh waktu lama keknya…
Ada yg mo nawarin pengganti Jefferson ke gw? Hehehe…

My Past Story: 9 Ball Addicted

Well, setelah sempet mikir ga bakalan posting2 lagi, akhirnya gw putusin utk terus ngelanjutin ini blog. En gw bakal terus nulis apa yg gw pengen tulis, lha blog gw ini….hehe
Ujian mid semester gw kelar hari kamis kemaren, tadi udah mulai kuliah lagi. Dan gw tadi tuh ke kampus ogah2an... Kalau ditanya gimana hasil ujiannya, ga bakal lepas dari keluhan2 kek sebelonnya. Fiuhh...
Jaman2 gw esempe en esema dulu biasanya kalau habis ujian hari terakhir, gw bareng temen2 bakalan party ‘til drop, minum2 es teh manis ampe teler… hahaha, nggak dong, biasanya habis ujian itu gw bareng temen2 maen bola kaki rame2, maen pe-es rame2, nge-band rame2, maen billiard rame2, cuma kencing aja ndiri2… hehe…
Kegiatan maen billiard bareng2 itu baru semenjak esema gw lakuin. Awalnya maen billiard itu emang pada waktu2 tertentu aja, kek tiap akhir minggu ato pas lagi libur. Tapi karna jadi keranjingan, dari tiap akhir minggu jadinya tiap pulang sekolah, en bahkan sekolah belon bubaran kita udah di pool, hahaha… Pas bulan ramadhan, kita ngabuburitnya juga disono…
Sewaktu di awal2 gw baru bisa maen gituan, temen gw di RombonganSirkus si hendri/adek pernah ngajakin bolos sekolah, DIA DATENG LANGSUNG KE KELAS GW PAS LAGI JAM PELAJARAN… padahal kita esemanya beda lho…ajib gila ga si?
Yg edan lagi, DIA JUGA NYAMPERIN TEMEN2 LAEN LANGSUNG KE DEPAN KELAS MEREKA MASING2… Sungguh, sebuah dedikasi yg luar biasa di dunia per-bolos-an Indonesia, big applause for him…..plokplokplokplok….. (percayalah, itu beneran bunyi tepuk tangan, bukan lagi nabokin dia…)
Hendri: rif, maen billiard yok…
Gw: ngga ah, gw lagi belajar nih,…
Hendri: Alahhh.., bolos sekali lagi ini aja, si miko sama andre juga udah mau kok…
Gw: gitu ya? Tapi kan gw maennya blum jago2 bener…
Hendri: Makanya, NTAR SAMPE SONO LO BAKAL GW LATIH…tenang aja…
(FYI, sebelum2nya gw belum pernah maen billiard bareng ni anak)
Karna terharu dengan usahanya ngajak gw bahkan bela2in nyamperin ke kelas, gw setuju buat ikutan. Oke, gw boong tentang terharu dg usahanya, sebenernya gw terharu dg tampangnya yg menggambarkan keadaan perang saudara di India sana….huahahahaa…
Pas jam istirahat, hendri bareng miko en andre manjet pager belakang sekolah. Cuma gw doang yg bolos dg elegan: datang ke meja guru piket, bilang ga enak badan, udah…
Setelah nyampe en maen beberapa menit, gw baru tau, si hendri yg katanya bakal ngelatih gw itu, ternyata GA LEBIH JAGO DARI GW!!!!
Mana sepanjang jalan ke sono dia udah songong2 gitu, “tenang aja, liat aja gw maen” ato “maen biliar itu intinya blablabla, kalo sudutnya blablabla lo tinggal blablabla…” Huuu….bener juga kata istilah, ga semua beruk pinter metik kelapa…. en emang beneran beruk deh ntu anak….
Tapi kalo sekarang dia nantangin maen lagi, gw yg keder jadinya, udah lama banget ga nyodok2in bola…
***
Karakter Sweeney Todd yg diperanin Johny Depp bikin gw terkesan, gw jadi bayangin gimana kalo gw yg punya karakter kek gitu, ato sebenernya ntu karakter udah ada di diri gw walopun secuil? Hmmm…boleh juga… tapi kalo selamanya engga deh… oh no,no… jangan sampe…

Diawali dengan Sariawan, diakhiri dengan Infeksi...

Gw cukup sering kena sariawan, bahkan skalinya kena sariawan bisa 3 skaligus… dan selama ini biasanya 3-4 hari udah sembuh, paling bandel jg 5 hari. Tapi sariawan gw skrg bener2 dah, masaoloh… SEMINGGU LEBIH, hari ini udah masuk hari ke-8…. dan jg kali ini rekor, sariawan paling gede yg pernah gw alami!!!! ASEEMMM…..
Yg anehnya, slain bikin perih2 spt biasa, sariawan yg ini jg bikin gatel. En seperti utk ngilangin rasa gatel laennya, 2 hari yg lalu SARIAWAN BINAL-BULET-KUNING INI GW GARUK PAKE TELUNJUK, ntah sebelonnya tlunjuk gw itu udah megang2 apa aja…hoekkk….
Beudeuh… aksi ‘penggarukan’ waktu itu emang bisa ngilangin rasa gatel, dan gw ngerasain hasil rese gw itu skg: ntu sariawan ga lagi warna kuning, udah ada kombinasi warna merahnya, yg artinya: sariawan gw itu skg udah mendupleksikan diri menjadi infeksi… huhuhuhu…..atit….
Duh, ngobatinnya pake apa ya? masa’ gw harus netesin betadin ke mulut? Hoeekh…
***
Barusan gw liat video seorang anak esempe yg dikeroyokin sama seniornya gara2 ngelawan karna ga tahan digencetin seniornya terus…istilah skrg sih, aksi bullying…
Wew, ajib banget ga sih? Aksi bullying ini ternyata mencapai segala level pendidikan, gw waktu jaman esde juga udah ada yg kek gtuan, kayak pas gw kelas 3
Jadi di pojokan lapangan esde gw dulu itu ada batu gede cukup utk duduk ampe b5 orang, pas gw bareng temen2 lagi pewe di sono, dateng anak2 kelas 5,
Mereka : woi, minggir lo pade…
Gw : napa bang?
Mereka : itu tempat nongkrong anak kelas 5…
Temen gw: kan kami duluan yg disini bang..
Mereka : klo gw bilang tempat kami ya tempat kami! Udah, minggir lo sono…
Mungkin mereka bilang gitu karna abis ngencingin ntu batu gede kek anjing yg ngencingin wilayah kekuasaannya, hahaha…
Langsung aja gw ma temen2 minggir, huhh… untung aja waktu itu gw takut, coba kalo brani ngelawan, udah abis ditonjokin dah gw, hahahha….
***
Besok pemilu, nyontreng ga yah?
Kapan nge-blog jadi ga menarik lagi?

Serba-serbi Pasar Modal

Whatzup guys…. Mudah2n baek2 aja en smoga ga ada yg habis dikibulin di april mop kemaren, hehe..
Ato malah ada yg kemaren sukses ngibulin orang? Hhh…. Janganlah saudaraku, kata pepatah: “ROSA!!!!!!!!” oh salah, itu kata mbah marijan…
Yang pasti janganlah suka ngibulin orang laen kek gitu, karena sesungguhnya fitnah itu lebih kejam daripada pengibulan…. Lho? Salah lagi…
Intinya, ga baik ngibulin orang2 pada tanggal 1 april itu! Lebih baik ngibulnya pada tanggal2 lain! Hualah..salah lagi…napa sih gw???? Hahaha…
Udah, kita lupain dulu urusan kibul-mengibul, hehe.
betewe, gw mo bagi2 dikit info tentang pasar modal:
* info1
Tau saham2 bluechip kan? Yap, saham bluechip itu adalah saham2 yg berkinerja baik yg diburu oleh para investor. Sebuah saham dikategorikan baik dinilai dari berbagai aspek. Mulai dari harga yg logis, EPS tinggi, PER yg rendah, fundamental emiten yg kuat, dividen yg wajar, de el el… banyak dah..
Nah, istilah “BLUECHIP” sendiri diambil dari permainan poker. Salah satu alat dlm permainan poker itu adalah berupa biji2/chips warna-warni seperti warna merah (redchip) dan warna biru (bluechip). Chips berwarna biru itu lah yg nilainya paling tinggi. More bluechip do you have, more bigger your chance to win the game…
Gtu juga dlm maen saham, makin banyak portofolio saham berkinerja baik yg kita punya, makin besar peluang kita untuk dapet untung…
* info2
Nah, klo yg ini gw BENER2 BARU TAU TADI… TERNYATA SAHAM PREFEREN (preferred stock) ITU HARROM!!!!!
Well, padahal gw udah lama gw blajar dikelas ttg jenis saham yg satu ini, tapi statusnya menurut pasar modal syariah baru tadi, hahaha, geblek bener…
Utk yg blajar akuntansi mgk udah tau karakteristik2 saham preferen. Beberapa diantaranya adlh:
-mempunyai HAK UTAMA dalam pembagian dividen (biasanya jatah dividennya lebih gede dari saham biasa (common stock)
-mempunyai hak utama atas aktiva (dapet jatah aktiva klo dilikuidasi)
-penghasilan tetap (dividen diterima secara regular, ato klo nggak dividennya bakal diakumulasi. Beda banget dg saham biasa yg kadang terima kadang nggak, jmlahnya juga ga pasti)
-jangka waktu tidak terbatas
-salah satu kekurangannya ga punya hak suara dlm RUPS
Berdasar karakteristik2 tsb, saham preferen diharamkan dg alasan:
1. adanya keuntungan yg bersifat tetap (pre-determined revenue)
2. pemilik saham preferen diperlakukan secara istimewa terutama saat likuidasi, hal ini bertentangan dg prinsip keadilan.
Gtu aja dulu info pasar modalnya, mudah2n bermanfaat… =)
Okay, gw cabut dulu, mo siap2… 4 hari lagi menuju pembantaian (UTS)….
Duh... lagi sariawan nih...

Mad Money Mad Sunday

Tadi temen2 IDX Corner pada pegi jalan2+outbond ke daerah lokalisasi… eh, maksud gw ke lokasi wisata Malibou daerah padangpanjang (bener padangpanjang g si?). Selain dlm rangka pisah-sambut pengurus lama dg pengurus baru, acara ini juga dlm rangka ‘mengurangi’ persediaan kas di IDX Corner yg ‘Over Liquid’ hahaaha. Klo mnurut Dirut sebelonnya sih, keberadaan kas IDX Corner skrg ini bisa bikin pengurus yg baru jadi males brusaha… huhuhu….
Tapi gw ga ikutan pegi, kondisi gw ga trlalu sehat, lagian kek yg gw critain di postingan kemaren, gw pengen ngabisin akhir minggu ini dg istirahat aja tenang2 dirumah, nonton pelem, baca2, tidur, nonton lagi, baca2 lagi, tidur lagi, gtu aja trus mpe umat manusia pada pindah ke planet Mars…hehe…
Salah satu pelem yg gw tonton slama weekend ini judulnya Mad Money yg dibintangin salah satunya oleh Queen Latifah. Critanya ttg 3 orang wanita yg kerja sbg buruh, ada yg jadi petugas kebersihan juga, di bank sentral AS. Ajibnya, ke-3 buruh ini sukses menembus sistem keamanan yg ketat utk nyelundupin duit hingga puluhan ribu dolar AS. Yg lebih ajib lagi, penyelundupan itu ga ketauan ampe slama 3 tahun!
Klo gw punya duit segede gtu, hal yg akan gw lakuin adalah:
- sebagian gw beliin permen2 en coklat2 yg banyak
- sebagian lagi gw gunain bwt biaya pengobatan utk nyembuhin sakit gigi gw karna kebanyakan makan permen en coklat yg gw beli sebelumnya,….
Balik ke pelem tadi, di dialognya mereka ada bilang gini: “kejahatan itu menular spti udara, dan klo orang terkena, dia bisa berubah dan mengubah org lain…” Jadi kek virus gtu…
Gw jadi keinget dg temen ‘kriminal’ gw yg pernah gw critain di postingan2 sblumnya, penindas mental, penghancur perasaan, peminum susu: Sang Predator…
Dalam hal ini, stetment ‘kejahatan itu menular’, berlaku!
Gimana nggak, gw yg nyata2 anak baek2, rajin solat dan doyan ngebantu nenek2 nyebrang jalan, dikit2 mulai ikutan jahat…astajim….
Bahkan ‘klien’ tindakan kriminal kami udah nambah beberapa orang… Hahahaa…. ehm, astaghfirullah….
Minggu depan gw udah mulai UTS, masi ada bbrpa mata kuliah yg gw bener2 blank, salah satunya statistik multivariat. Ada yg bisa ngajarin ga?

Postingan di Long Weekend

Assalamualaikum… gw balik lagi…. btw pada ngapain aja liburan 4 hari ini? apapun itu, gw harep long weekend klian bjalan seru… ;)
Klo gw ndiri ga punya acara khusus, dari awal udah gw niatin ga bakal ngapa2in, gw pengen istirahat aja tenang2 di rumah, tapi ga gitu sukses juga si, tetep aja ada gangguan, lagian kondisi gw juga lagi kurang fit….
Beberapa minggu belakangan org2 udah pada rame ngangkat tema politik/pemilu di blog2, atopun mlalui milis2. En temen gw ada yg nanya: ’rif, lo kok ga ada bahas tentang pemilu di blog lo?’
Waktu ditanyain gtu gw jawab: “yah, pemilu itu blablabla….klo liat kondisi politik skrg ini blablabla……dan juga blog gw blablabla…” <= jawaban berfilosofis yg di-mix dg ngeles2 ala politikus
Tapi dalem ati gw sebenernya: “pemilu ya pemilu, blog gw ya blog gw, urusannya ape..???”
Well, honestly, gw ga mw blog gw tercemari oleh hal jijay bernama politik. Gw ndiri punya pandangan politik gw sendiri, gw sempet blajar en tau di Ind’sia ini pihak mana yg memegang kendali atas press media apa, gw sempet blajar en tau situasi sejarah revolusi tahun 60-an, bahkan gw juga sempet blajar en tau peta politik di kawasan arab dan amerika selatan,
Sekarang pun gw masih ada dikit2 merhatiin ato ngebahas ttg politik secara umum, tapi skg bukan hal yg pantes utk gw bahas secara detail. Politic is disgusting…
***
Tadi malem gw ngobrol rame2 lagi mlalui telpon bareng temen gw di RombonganSirkus, anggit, miko, mona. Kek biasa, yg jadi host-nya anggit, bukan apa2, soalnya diantara kami yg henponnya bisa nelpon banyak skaligus gtu (multi-connection) cuma dia doang, hehehe…
Dan sperti biasa juga, dia manas2in pelem yg ude dia tonton, kali ini pelemnya kambingjantan. Huaahhh….knpa padang lelet banget,.. oke, klo ada caleg yg punya misi pelem2 yg diputer di bioskop2 di padang bakal dipenuhin pelem2 terbaru yg tayangnya serentak bareng di jawa, akan gw pilih ntu caleg…huhuhu…
Waktu anggit nelpon tadi malem itu die baru pulang nonton pinal turnamen basket DBL tingkat esema
Gw :pakabar nggit?
Anggit :gw baru pulang, habis nonton final dbl
Gw :seru ga?
Anggit :apanya, tandingnya ato suasananya?
Gw :ya tandingnya lha…
Anggit :ah biasa aja, yg maen masi pada esema sih, blum jago2 bener…
Gw :lha trus napa nonton… mang klo suasananya gmn?
Anggit :hohoho….seru banget dong, cewe2 yg nonton rame….
GYAHAHAHHAHAA…….geblek bener…..seharusnya gw sadar dari awal orientasi dia nonton basket, dia ga tertarik dg tanding basketnya, tapi apalagi klo bukan penontonnya, hahahha…
Klo Miko keknya udah mulai pasrah harepannya sdikit ga sinkron. Dari desain grafis jadinya ke jurnalis, gimana ga melenceng coba? Hahaha… yg penting smangat aja deh,..
En klo mona, kasian, mana lagi sakit, kena tipu juga rame2 malem hari…wakakakka…. (susah juga nipu ni anak satu)…
Oia, gw baru tau klo tenyata Maybank jadi jg diakuisisi sama BII, Oktober 2008 kemaren dibritain akuisisinya stuck, eh skg tiba2 aja, ga ada ujan ga ada ojek akusisinya jadi juga. Udah resmi malah. Jadi penasaran….

Breaking News

Hei2… gw mo ngasi info dikit…
Seberapa besar arti perubahan? Apalagi klo yg brobah itu identitas diri, bisa bikin pengidentifikasian personifikasi seseorang brobah juga dong…
Itu dia info yg mo gw kasi tau, cewe gw, Behelorens, beberapa hari lalu ganti behel, warnanya: pretty pink!!!! (Hmm…she look more pretty with her new stuff..=))
Gw ga tau napa dia ganti warna behelnya jadi pink gitu, valentinan pan udah lewat. Pas gw liat2 sampel kertas pemilu, ga ada satupun partai yg logonya warna pink, jadi bisa gw pastiin dia bukan simpatisan ato tim sukses partai tertentu, jadi caleg apalagi….hehhehe….
Nah, bhubung behelnya udah ganti warna, gw sempet berniat utk ngeganti panggilannya dari sebelonnya Behelorens menjadi Behelpink, haha…
Tapi klo di dunia marketing, mengganti sebuah brand yg udah kuat (repotitioning) bukanlah ide bagus, jadi mnurut gw nama panggilan Behelorens udah pas. Lagian menurut temen gw kata ‘Behelorens’ itu lebih enak disebut di lidah daripada ‘Behelpink’ huehehee…
Gtu aja breaking newsnya, thx for your attention….

Tes Interview dan Sedikit Renungan

Hari Rabu n Kamis kemaren IDX Corner ngadain tes tahap terakhir penerimaan member baru 09/10. Ada 36 org yg masuk tahap ini.
Gw ndiri ditunjuk utk jadi salah seorang interviewer bareng rekan2 laen, gw kebagian mengiterview sekitar 11 orang, 5 diantaranya gw sbg interviewer utama, 6/7 sisanya sbg interviewer pendamping.
En maannnnnnn….. gw baru ngrasain ndiri: punya power utk mengintimidasi mental seseorang itu indah sekali…hahahahahaha………..astajim…..
Terlepas dari euforia “pengintimidasian mental” tsb, gw jadi bisa tau banyak ttg kisah khidupan pribadi org2 yg gw wwncarai itu, heheehe.
Dari 11 orang yg gw intrvw, ada 3 peserta dg 3 keadaan berbeda namun dg kisah yg nyaris sama, yg bikin gw tercengang sesaat: kehilangan orangtua ketika mereka masih memerlukan support dlm sgala hal dlm proses pencapaian impian.
Ada yg udh belasan tahun khlgn bokap, ada yg baru aja ditinggal oleh nyokap, bahkan ada yg udh ga punya kedua orangtua, smntara dia ndiri bersodara ada ber-6.
Sungguh suatu keadaan yg bakalan bikin gw panik klo kondisi itu terjadi di gw, ‘cos I think I’m not ready yet for that condition. Mikirnya aja udah bikin parno.
Tapi hal yg gw tangkap dari k3 peserta yg gw intervw tsb, mereka terlihat tangguh dlm mnjalani hidup. Subhanallah…
En hal itu ga hanya gw liat pada diri 3org tsb, bbrapa temen2 gw yg laen yg jg udh khilangan (slahsatu) orgtuanya terlihat setingkat lebih tangguh dari rata2 temen2 seusia kebanyakan.
Faktanya rasul kita tercinta Muhammad SAW juga ngalamin hal yg sama. Beliau ga pernah ktmu sama ayahnya. Masih kecil bahkan udah ditinggal ibunya. Tapi keadaan tsb ga bikin beliau jadi seseorang yg hampa, kondisi itu malah nganter beliau berhasil utk ngubah dunia!!!! Subhanallah…
Gw jd sempet mikir, apa kita harus kehilangan orgtua dulu supaya bisa jadi tangguh?
Gw tau jawabannya nggak, gw yakin itu. Dan gw lagi berada di sebuah jalan utk ngebuktiinnya.
Balik ke topik interview tadi, siapa2 aja yg berhasil lolos tahap seleksi akhir IDX Corner? Siapa2 aja yg bakal akan menjadi member baru IDX Corner Unand? Apakah benar Pasha Ungu sedang menjalin hubungan asmara dg pesinetron belia birinisial AS? Akankah mahligai suci perkawinan mereka yg telah dibangun bertahun-tahun berakhir begitu saja di meja pengadilan? Tunggu kisah slanjutnya… (Huhh…dasar infotainment norak, tokai lo pade…)

Tes Presentasi Diri dan Diskusi Grup, Stres dah Lo Smua, Hahahaha…

Tiit..
Tiit..
Tiiit…
Dhuarrrrrr….
Kali ini gw bakal crita ttg tes tahap dua penerimaan anggota baru Pojok Bursa Efek Ind’sia priode 2009/10 yg diadain seharian tadi.
Sebelonnya gw ngucpain selamat dulu buat rekan gw Early Morning yg baru terpilih sbg Dirut baru Pojok BEI priode 09/10, smoga proyek tri in wan yg udah lama kita harepin smua bisa kecapai, amiinnn….
Dan mengenai tes tahap dua tadi, kita udah nemu beberapa kandidat calon anggota berkompeten yg bakal ditrima, ato bakal jadi pelawak, ato sebenernya bukan pesertanya, tapi pengurusnya juga pada gila, hahahaha….
Contoh1:
Desi(panitia): sodara eko, gimana menurut anda kebijakan kampus yg ngewajibin mahasiswa baru utk ngikutin kegiatan magang di UKM2 di kampus?
Eko(peserta tes): mnurut saya bagus skali, mhasiswa baru dapat melatih pengalaman mereka dalam berorganisasi, selain itu, kegiatan tersebut menurut saya juga dapat memperbaiki keadaan PEREKONOMIAN GLOBAL….
Smua panitia: WHUAHAHAHAHHAHA……….
Acara level kampus akan memperbaiki perekonomian global, suatu korelasi yg ga tau datengnya dari mana, hahahhaa…. Tapi bisa dimaklumi sih, masi BP08…
Contoh2:
Gw: pertanyaan untuk sodari wira...
Rizal(peserta lainnya): ya…
Gw: Mmm…. yg saya maksud SODARI WIRA…
Rizal: ya, maaf, bisa diulang pertanyaannya?
Panitia+peserta laen: WHUAHAHAHHAHAHA……….
Komunikasi yg sangat ga nyambung bget…
Beudeuh…pada kocak2 bener, ga smuanya juga sih, yg gayanya sengak2 krna kelebihan ilmu juga ada….
Huffhh, tadi pas pulang gw ngeborong pelem di warner, mo nonton dulu, bye…..

Praktek Perjokian di Pasar Modal

Hei…febiarif back in his blog….
Crita2 pasar modal lagi… (lagi2 krisis maksudnya, hhehehe)
Krisis global yg tengah morotin perekonomian dunia khususnya pasar modal, berimbas ke Ind’sia. Dari belasan perusahaan di 2008 lalu yg rencananya bakal listing di bursa, cuma beberapa emiten yg jadi.
Apa cuma gara2 krisis global? Klo mnurut gw sih ga juga, delaynya perushn2 tersebut utk go public di BEI juga lebih terpengaruh gara2 hajatan pemilu di Ind’sia. Simpelnya, masih wait and see..
Ngomong2 tentang go public atawa IPO, salah satu hal katrok yg tetep aja terjadi saat momen IPO tersebut masih sama. Tiap tahun. Tiap kali. Sampe botak…: Perjokian.
Gw nyari2 artikel yg ngebahas perjokian ini beserta implikasinya, dan brikut gw ikhtisarkan…
Sebenernya praktik perjokian di pasar modal Ind’sia ini ‘baru’ berlangsung 10 tahun terakhir (umur pasar modal Ind’sia sendiri 30 tahun). Maksud perjokian di sini yaitu m’gunakan jasa orang lain utk mendapatkan saham perdana itu terjadi karna minimnya jumlah saham yang dilepas ke investor ritel/perorangan.
Rata2 jumlah saham yg dilepas ke investor ritel tsb cuma sekitar 2% dari jumlah saham. Sedangkan 98%-nya dialokasikan ke investor institusi, khususnya institusi asing. Dari jatah 2% utk investor ritel itupun, kabarnya juga udah dipesen org2 yg ‘berkuasa’.
Makanya, dari kenyataan tsb, banyak yg ngasumsiin alokasi 2% itu cuma buat menuhin syarat BAPEPAM-LK aja, dimana peraturannya mensyaratkan saham perusahaan terbuka kudu dimiliki paling dikit oleh 300 pihak.
Tapi umumnya jatah 2% utk investor ritel itu biasanya dialokasiin oleh perusahaan2 bermutu, sedangkan perusahaan2 yg kurang berbobot bisa nyediain bahkan lebih dari 50%.
Minimnya alokasi saham perdana utk investor ritel ini udah bikin peluang masyarakat luas utk berinvestasi di pasar modal mengerucut. en ga heran dalam 5 tahun belakangan jumlah investor dari negri kita ndiri ga lebih dari 250000 investor, ato cuma 0.22% dari jmlah angkatan kerja Ind’sia yg pada periode Februari 2008 berjumlah 111,48 jutajiwa.
Padahal di singapura da AS, rasio investor pasar modal sama angkatan kerjanya udah berada diatas 40%.
Minimnya alokasi saham IPO utk investor ritel juga udah bikin saham yg bakal diperdagangkan di bursa jadi ga merata karna ga terdistribusi secara luas. Kondisi yg kek gitu bisa nimbulin manipulasi pasar. Transaksi jual beli saham yg terjadi akan cendrung mnjadi semu karna adanya konspirasi di antara pemegang saham mayoritas. Pihak2 yg bersekongkol itu bakal dg mudah ngendaliin harga saham, apa itu harganya dinaikin, diturunin, ato di tahan harganya tergantung strategi mana yg akan ngasilin gain yg gede.
Kalo dalam pasar modal, hal yg kek gtu istilahnya dikenal dg Cornering the Market, ato di bursa Ind’sia, dikenal dg “saham gorengan”
Ketika sebuah saham gampang didikte, harga saham tsb bukanlah refleksi kondisi fundamental maupun teknikal saham tsb.
Itu juga ga ngegambarin kekuatan hukum supply and demand saham. Kondisi ekonomi, sospol, keamanan negara, regional maupun global jga ga terwakili. Bursa tsb juga ga bisa disebut sbg bursa yg bersih, wajar, teratur en efisien, melainkan bursa yg spekulatif.
Kondisi2 spt yg diataslah yg bikin banyak calon2 investor jadi ragu en dagdigdug buat investasi di pasar modal, akibatnya, jmlh investor dari kita ga nambah2….
Makanya, prinsip good corporate governance kudu dapet di praktekin pihak otoritas bursa sluruh dunia utk ngedapetin lagi kepercayaan investor yg kian tipis di kondisi pasar yg lg gonjangganjing kek gini…

Hmmm.....

Dua hari yg lalu salah seorang temen gw yg ngikutin perkembangan blog gw dari awal, nanya gni: ‘rif, hubungan lo sama Behelorens sekarang gimana? Kok ga pernah dcritain lagi?’
Oke, alesan gw ga crita2 lagi adalah: Behelorens baca blog gw!!! Mampus…
Gw taunya dia baca blog yg 'dulu' itu waktu gw lgi nganterinnya pulang
Behelorens: bang, mu ada fesbuk kan? Nicknya apa? Mo di add..
Gw : iy ada, nicknya sama kek yg di efes, *ga sngaja kceplosan ngomongin blog* blog rif juga ada…
Behelorens: iya, udah ku liat koq…
Gw : … *kaget*
Behelorens: *nyindir* jadi gmna kabar si behelorens sekarang bang?
gw : ha? *blagak pilon*
Behelorens: kok kesannya dia jahat banget gtu bang? *masi nyindir*
Gw : ha? *masi sok pilon*
Behelorens: bang???? Jawab dong..
Gw : …
Behelorens: …
Back to our topic, jadi pas gw bilang ke temen gw tadi klo behelorens udah baca postingan gw yg ‘dulu’ itu, dia ketawa. Ngakak banget. Puas lo nyet??!
Dan mengenai hubungan gw dg behelorens sekarang……ga jadi crita dulu ah… mmmm…duh, gw lagi usaha nyari2 banyak waktu luang buat b2,walopun cuma ngobrol2, itu udh cukup bikin gw tenang, mudah2n Behelorens ngerti, tapi mgk dia nanya2, seberapa jauh dia kudu ngerti kali ya? Gw ndiri jg ga taw.. hope everything will getting better bebz…
Mana nyokap gw juga sempet ngerjain dulu, jadi pertengahan Januari lalu gw bareng kakak gw nganter nyokap jenguk temennya di daerah Anduring gtu, kebetulan Behelorens tinggalnya deket sono juga, pulang dari rumah temennya:
Nyokapgw: rif, anterin ma2 lagi deket sini…
Gw : Kemana?
nyokapGw: Ga tau, klo di persimpangan sana belok ato lurus aja?
Gw : lho, kok malah nanyain rif, rumah temen ma2 juga…
nyokapGw: Siapa juga yg mo ke rumah temen, ma2 mo tau rumahnya behelorens…
Gw : HAAH????
NyokapGw: Tinggalnya deket sini juga kan?
Gw : HAAH?????
Abis percakapan itu langsung gw muter balik mobil gw, gila aja klo nyokap tau…
Slama jalan mo pulang, nyokap introgasi gw tentang behelorens gtu, kakak gw yg ngikut ktawa2 najong di jok blakang!!!!!! Kampret…..ternyata kakak gw ngebocorin crita2 tentang behelorens ke nyokap… Huh… kaga bisa di ajakin kompromi…
Oia, skalian aja dah, yg mw add fesbuk silakan aja di febbyariefzeindra@yahoo.com, yg mw add efes di faz-saracen@plasa.com, yg kebelet pipis ke toilet aja yah…

Indeks Harga Saham di Indonesia, Kenalan Yuk...

Holaa… ngelanjutin blog gw yg di wordpress dulu, gw bakal bagi2 crita2 ttg pasar modal lagi… well… topik kali ini tentang pengenalan indeks harga saham. Here we go…
Indeks harga saham merupakan salah satu indikator utama pergerakan harga saham. Masing2 bursa di tiap negara mempunyai indeks masing2 pula, ada indeks Nasdaq khusus utk saham2 yg bergerak di bidang teknologi, Dow Jones yg jadi acuan di wall street, ataupun S&P 500 atau seperti di asia kita tau ada Nikkei (bursa Tokyo), Hangseng (hongkong), KLCI (Malaysia), Straits Time (s’pore), ataupun KOSPI (korea).
Indonesia sendiri melalui Bursa Efek Indonesia saat ini mempunyai 8 indeks dengan IHSG sebagai patokan indeks yg utama. Berikut 8 jenis indeks tsb:
1. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)
Menggunakan semua emiten yg listing di bursa sbg komponen perhitungan indeks
2. indeks sektoral
menggunakan semua emiten yg termasuk ke dalam masing2 sektor, dimana BEI membagi secara garis besar ke dalam 9 sektor.
3. indeks LQ45 (liquid 45)
menggunakan 45 emiten terpilih berdasar criteria likuiditas dan kapitalisasi pasar dg kriteria2 yg tlah ditentukan
4. JII (Jakarta Islamic index)
Menggunakan 30 emiten yg termasuk ke dalam kriteria syariah serta unggul dalam kapitalisasi serta likuiditas
5. Kompas100
Menggunakan 100 emiten terpilih, baru di luncurkan pada pertengahan 2007
6. indeks papan utama
7. indeks papan pengembang
8. indeks individual
yaitu indeks harga saham masing2 emiten
Penjabaran masing2 indeks:
IHSG
Pertama kali dikenalkan pada 1 april 1983. Hari dasar perhitungan adalah 10 agustus 1982 dg nilai 100. jumlah emiten tercatat waktu itu adalah 13 emiten, sedangkan sampai desember 2008 tercatat ada 396 emiten.
IHSG sempat mencapai titik tertinggi pada 9 januari 2008 yg hari itu ditutup pada level 2830.263.
Indeks Sektoral
Semua saham emiten yg listing di BEI diklasifikasikan ke dalam 9 sektor menurut klasifikasi industri yg telah ditetapkan BEI, yg diberi nama JASICA (Jakarta Industrial Classification). 9 sektor tsb adalah:
A. sector primer (industri ekstraktif)
a. pertanian
b. pertambangan
B. sekunder (industri pengelolaan/manufaktur)
c. industri dasar dan kimia
d. aneka industri
e. industri barang konsumsi
C tersier (industri jasa/nonmanufaktur)
f. property dan real estate
g. transportasi dan infrastruktur
h. perdagangan, jasa, dan investasi

LQ45
Diluncurkan pada februari 1997, dan hari dasar yg digunakan yaitu 13 juli 1994 dengan kriteria2 sbb:
a. telah listing di BEI minimal 3 bulan,
b. masuk dlm 60 saham yg berdasar nilai transaksi di pasar reguler
c. dari 60 saham tsb, 30 saham dg nilai transaksi terbesar secara otomatis akan masuk perhitungan di LQ45
d. untuk mendapatkan 45 saham, akan dipilih 15 saham lagi dg m’gunakan criteria hari transaksi di pasar reguler, frekuensi transaksi di pasar reguler, dan kapitalisasi pasar. Metode pemilihan sisa 15 saham lagi sbb:
i. dari 30 saham sisa sebelumnya, dipilih 25 saham berdasar hari transaksi di pasar reguler,
ii. dari 25 saham tersebut, dipilih 20 saham berdasar frekuensi transaksi di pasar reguler
iii. dari 20 saham tersebut dipilih 15 saham berdasar kapitalisasi pasar, shg akhirnya didapatkan 45 saham utk LQ45.
e. selain criteria di atas, keadaan keuangan serta prospek perushn tsb juga akan dinilai.
Note:
- evaluasi dilakukan BEI tiap 3 bulan sekali atas urutan2 saham tsb
- penggantian saham dilakukan tiap 6 bulan sekali pada awal februari dan agustus
- untuk menjamin kewajaran, BEI memiliki komisi yg terdiri dari BAPEPAM, universitas, dan profesioal pasar modal yg independent

Jakarta Islamic Index (JII)
Pada 3 Juli 2000, BEI bekerjasama dg Danareksa Investment Management (DIM) meluncurkan indeks yg berbasis 30 saham2 emiten yg bergerak sesuai syariah.
Pada saat ini saham2 JII tidak lagi dikelola oleh DIM, tetapi sudah diambil alih oleh BAPEPAM-LK dan Dewan Syariah Nasional (DSN)- MUI.
Berdasar arahan DSN dan peraturan Bapepam-LK no IX.A.13, kegiatan usaha yg tidak memenuhi syariah islam adalah:
- usaha perjudian dan permainan tergolong judi ataupun perdagangan yg dilarang
- menjalankan usaha jasa keuangan yg berbau ribawi atau jual beli yg bersifat spekulasi yg mengandung unsur gharar dan maysir
cth: saham2 bank konvensional
- memproduksi, mendistribusi, memperdagangkan:
*barang/jasa yg haram karna zatnya (haram li-dzathihi)
cth: saham produsen rokok dan bir
*barang/jasa yg haram bkn krna zatnya yg ditetapkan DSN-MUI (haram li-ghairihi)
*barang/jasa yg merusak moral dan bersifat mudarat
- melakukan investasi pada perusahaan yg pada saat transaksi, rasio hutangnya lebih besar dari rasio modal

Sedangkan kriteria saham yg sesuai syariah yaitu:
- tidak melakukan kegiatan usaha sebagaimana di atas
- tidak m’kukan perdagangan yg tidak disertai dg penyerahan barang/jasa dan perdagangan dg penawaran/permintaan palsu
- tidak melebihi rasio keuangan sbb:
• total hutang yg berbasis bunga dibandingkan dg total ekuitas tidak lebih dari 82% (hutang yg berbasis bunga dibandingkan dg total ekuitas tidak lebih dari 45%:55%
• total pendapatan bunga dan pendapatan tidak halal lainnya dibandingkan dg total pendapatan/revenue tidak lebih 10%

Kriteria Pemilihan Saham JII (proses seleksi):
- saham2 yg akan dipilih berdasarkan Daftar Efek Syariah (DES) yg dikeluarkan oleh Bapepam-LK
- memilih 60 saham dari DES tsb berdasar urutan kapitalisasi pasar terbesar selama 1 tahun terakhir
- dari 60 saham tsb, dipilih 30 saham berdasar tingkat likuiditas yaitu nilai transaksi di pasar regular selama 1 tahun terakhir

Evaluasi Indeks dan Penggantian Saham
JII akan direview tiap 6 bulan (Januari dan Juli) atau berdasar periode yg ditetapkan bapepam-LK. Sedangkan perubahan jenis usaha emiten akan dimonitor secara terus menerus berdasar data publik yg tersedia.
Hari Dasar JII
JII diluncurkan pada 3 Juli 2000, akan tetapi untuk mendapatkan data historical yg cukup panjang, hari dasar yg digunakan adalah 2 Januari 1995 dg indeks sebesar 100.

Indeks Kompas100
Indeks Kompas100 diluncurkan BEI pada 13 Juli 2007 pas hari ulang tahun pasar modal yg ke-30 yg juga bertepatan dg ulang tahun yg ke-15 PT. BEJ.
Kompas100 diterbitkan sebagai indeks alternatif bagi investor, pengelola portofolio, dan juga manajer investasi dalam mengelola dana bebasis saham.
Proses pemilihan saham yg akan masuk kedalam Kompas100 umumnya sama dg indeks2 lainnya, yaitu berdasar faktor likuiditas, kapitalisasi serta kinerja fundamental dari saham2 tsb.

Kriteria Pemilihan Saham Indeks Kompas100
- teracatat di BEI min. 3 bulan
- masuk dlm 150 saham berdasar nilai transaksi pasar reguler
- dari 150 saham tsb, 60 saham dg nilai transaksi terbesar secara otomatis akan masuk ke dalam perhitungan indeks kompas100
- untuk mendapatkan 100 saham, akan dipilih 40 saham lagi dg m’gunakan criteria Hari Transaksi di Pasar Reguler, frekuensi transaksi di pasar reguler dan kapitalisasi pasar, metode pemilihan keempatpuluh saham tsb adalah:
1. dari 90 saham sisanya, dipilih 75 saham berdasar hari transaksi pasar reguler
2. dari 75 saham tsb akan dipilih 60 saham berdasar frekuensi transaksi pasar reguler
3. dari 60 saham tersebut, akan dipilih 40 saham berdasar Kapitalisasi Pasar, sehingga akan didapat 100 saham utk perhitungan indeks kompas100
- sebagai saringan terakhir, BEI juga mengevaluasi dan mempertimbangkan faktor2 fundamental dan pola perdagangan
- BEI memiliki tanggung jawab penuh dalam pelaksanaan pemilihan saham2 yg masuk dalam daftar indeks saham ini, dimana semua keputusan akan diambil dg mempertimbangkan kepentingan investor maupun stakeholders lainnya.
- BEI m’gunakan hari dasar 2 januari 2002 utk perhitungan data historikal yg lebih lengkap dg indeks sebesar 100
- Pergantian dan evaluasi dilakukan 6 bulan sekali (februari dan agustus)

Dari kedelapan indeks tersebut, sperti yg udah dicritain di atas, IHSG menjadi acuan utama indeks di BEI, alesannya jelas, karna IHSG menggunakan seluruh saham emiten yg listing di bursa sebagai komponen perhitungan indeks.
Untuk LQ45, saat ini dijadikan sebagai indeks patokan oleh BEI untuk produk investasi reksadana saham Exchange Traded Fund (ETF)
Kalo mo dicritain ttg indeks2 ini masih banyak sih, bakal ngabisin hari, lha yg untuk postingan ini aja gw ngabisin waktu lebih 2 hari, 4 bungkus bengbeng, 3 kantong teh celup Sariwangi, 5 biji Happydent White, ngorbanin pelem Flicka, dan belasan kali ganti celana dalem, bwt nyari bahan2 sama nyusunnya… berhubung udah larut malem, gw juga udah ngantuk ngantuk teler, pengenalan indeksnya sampai di sini dulu aja, kpn2 klo sempet kita sambung ye..,
Waaakks!!! Jam dua… telat dah gw besok.. bye….

Pengalaman Seminggu

hai... seminggu lebih ga posting, n slama bbrp hari ini gw ngalamin kejadian2 brikut:
1. gw ngurus sim baru,
yg ini males bgt gw critain, bikin keselllll........
2. gw pulang kampung (lagi)
kali ini dlm rangka acara pelantikan penghulu di kmpg gw, jujur aja gw kagak terlalu duli dg acara2 adat kek gtu, i just care for the foods....yihaaa...
3. gw dapet temen kriminal
ini yg ga gw sangka2 sebelonnya, gw dpet temen, yg ngujubile licik bgt, beringas spt predator... tapi berhubung gw juga dapet keuntungan dari kelicikan tsb, gw jalanin aja, bahkan gw malah sempet manggil dy guru, lha..skg, malah dy skg yg minta di ajarin ma gw, gw mana ngerti..
tapi, mari kita berjuang sama2 guru!
...
...
huhh...telat nih, mo ke kampus... ciaooo......

Obesitaskah Anda?

Dulu gw pernah nonton acaranya tante oprah di tipi yg ngebahas tentang obesitas alias kegemukan serta nampilin narasumber2 yg mrasa bermasalah dg obesitasnya serta juga yg mrasa ga terpengaruh dg itu. Gw juga pernah baca artikel yg ngebahas tentang gadis2 di jepang yg terkena anorexia (bener gtu ga sih istilahnya?), alias tergila-gila dg bodi SUPER langsing kek model2 catwalk. Mereka berusaha keras membentuk tubuh selangsing batang korek api, setipis ikan asin, yg kadang udah ga masuk diakal en ngejalanin program extra diet yg udah salah…
Maka sekarang buat sluruh orang2 yg parno akan kegemukan, gw, febiarif, bakal ngasih ciri2 apa itu obesitas yg sebenernya! Cermati baik2, here we go….
1. beberapa anggota mapala dan pecinta alam lain menjadikan perut kalian sebagai target pendakian selain gunung bromo en gunung kerinci…
2. NASA ngorbitin satelit trus satelitnya ngiter2in perut kalian…
3. foto kalian ada di restoran2, warung2, bahkan pesta2 kawinan dengan tulisan di atasnya ‘I’ll keep my eyes on you!’…
4. PT TELKOM ngasih kalian kode area khusus, jadi misalnya di Padang, orang2 mnghubungi lo ga lagi harus mlalui 0751 dulu…
5. kalian kedapetan ribut2 rebutan pisang sama monyet di kebon binatang…
6. tiap kalian ke pantai, slalu pasang naik, padahal waktu itu ga lagi bulan purnama…
ok…udah dicermatin atu-atu? Mrasa ada salah satu ciri tsb pernah kalian alami? Klo nggak, bersyukurlah, ga usah panik, kalian sama skali ga ngalamin kegemukan…
Tapi gw ndiri lagi panik gila banget skg,
1. jadwal 2 mata kuliah gw yg bentrok yg gw critain dulu itu ternyata emang ga bisa diganti…huhuhu…
2. nilai2 UAS kemaren sebagian udah keluar, en nilainya bener2 amit-amit cabang olahraga, ancur2 (lagi), kalut gw skg bayangin nilai2 yg lennya…
udah dulu deh, c u guys…

Huahh...am I Klepto?

Hei..whatzup?
Hari jumat-sabtu kemaren gw mudik ke batusangkar, 3jam-an deh dari padang. berhubung di btsngkr tuh daerahnya dingin bnget, pilek gw yg sebelonnya jinak, balik lg jadi liar!!!
jdilah slama di sono gw b2an bermesraan bareng cairan ijo-asin-anget yg kita kenal dg: INGUS... kadang klo lgi mgomong tanpa sengaja ingus-ijo-asin-anget itu ketelen..HOEEKKK.......
Malah sempet pas gw lagi makan malem, INGUS BIADAB ITU JATOH AJA DIEM@ DI PIRING MAKAN GW...HOOEEEKKK...........
mudah2n aja ingus yg udah gw telen n ingus yg gw makan bareng nasi di piring gw bisa berjodoh dan menjalin kasih di perut gw....HOOEEEKKKKKK......

tadi pas lagi di Pojok BEI gw ada rapat tentang rancangan proyek buletin pasar modal,
pas lagi bahas itu rame2, gw ngeliat2(megang2) kertas konkord yg ada di atas meja yg bakal digunain bwt ngeprint proposal buletinnya, habis rapat kelar, gw langsung pulang,
waktu lagi di jalan gw mikirnya koq tas gw perasaan berat banget gtu, masih cuek gw, jalan trus mpe rumah.
Dan tadi pas gw lagi nyari2 binder di tas,...masaoloh.....tiba2 aja ada tumpukan kertas konkord, tebel, 12 pak, nangkring aja dg entengnya di tas gw!!!!!!! ampun dah gw heran beud kq bisa mpe kstu..... n skg yg bikin gw mumet: gw kudu ngangkut2 lagi tentengan brat bwt balikin ntuh kertas2 ke pojok...kamprettttt....

Haatchiyyyy........

Pakabar? moga2 pada sehat smua, ga kyk gw yg udh 2hari demam, meriang, idung meler2, pala pusing, bersin2, kumplit de... kemaren aja gw ga kekampus jadinya
komentar org2 ttg skit gw...
nyokap: (wktu gw lgi nonton pelem heartbreak kid) tu kan, kerjaannya nonton mulu...makanya sakit... (ga nyambung...)
k2k gw1: blum mandi ya? gmn mo sehat...mandi aja blom... (ga nymbung juga...)
k2k gw2: eh, pergi keluar bentar dong isi aer galon, udah abis... (tega...)
temen gw1: terserah lo sakit ato kagak, yg penting bsok lo kudu ke kampus!!! tugas lo bnyak!!! (biadab...)
temen gw2: lo ulg tahun ga traktir gw si... traktir gw dulu, sembuh da tu pilek... (kampret...)
behelorens: udah makan bang? (udah...)
tapi skrg udah mendingan dikit...Alhamdulillah...

well, skg gw udh 21thun, ga nyangka tua bnget. n yg bikin gw parno tiap gw ultah: umur gw nambah, tapi kedewasaan gw kagak. temen gw bilang tingkat kedewasaan gw setaraf anak esde abis sunatan. childish! Huh...apalah..

oya, gw skrg lagi dibikin bingung dg suatu kejadian yg gw kasi istilah "complemental incident". maksudnya klo diartiin suatu kejadian yg secara KEBETULAN melengkapi kejadian yg lainnya.... emang sih bukan hal yg penting, tp tetep bikin otak gw penuh teka-teki...hehee...

Kuliah Lagii....

Blehh... tombol angka 1 hape gw ga befungsi (lagi), rese banget dah pake macet sgala, bikin suse aj..minta dganti kali ya??? udah tiga taun si... mana banyak yg ngata2in lagi,.. kek ada temen gw dulu wktu pinjem hape gw

temengw: rif, pinjem hape lo bentaran dong, minta semesnya satu bleh kan ya?
gw : *ngasi hape* nih
temengw: *nahan ktawa*
gw : napa lo?
temengw: nnggg... gw ga tau sekarang harus kasian sama siapa, sama lo ato sama
hape lo, sama buteknya si...

SHiT!!! najong banget, lidah ga betulang! biar gimana2 keadaannya gw sayang banget sama ni hape. kita udah sejiwa, tak terpisahkan,dia slalu nemenin gw kemana-mana tiga taun blakangan, n ga bakal gw tuker dengan apapun!!!!
Oke,oke.. gw ngomong kek gtu brusan gara2 ga tau aja mo dituker sama apaan..hhuuhu,. apes bener...

ngomong2 ttg apes, hari senen bsok gw udah mulai kuliah lagi. n dari jadwal yg gw liat, mata kuliah yg gw ambil ada yg bentrok. dua kali malah. OMG...
whheeeww... klo kek gtu keadaannya dosennya harus gw lobi deh biar mw ngegeser jadwalnya, klo ga mw, bakalan gw paksa! klo masi ga mw, tu pala dosen gw bikin benjut, ban mobilnya gw kempesin, trus diakhir semester dapet E dah gw... Hualaah....jgn sampe lah...
Huffhh.., bikin pusing aja ntu jadwal, tidur dulu deh.......zzzzzzzz.....

Daftar Ulang yg Menyiksa Jiwa Raga

tes...tes... eh, hai... sry barusan lagi ngetes posting di blog baru, hehe, norak gila...

Howdy guys? 2 hari yg lalu gw habis daftar ulang di unand, n baru kelar tadi!! Hufhh... di jaman kek gini sistim dftar ulang di unand tuh ngehe pisan...ribet beud...sangat biroktrat...asu..
proses daftar ulang di unand:
1. ngantri bank nagari buat bayar duit POMA (ga tau dh gw POMA apaan), DESEK-DESEKAN!!!!! minum baygon yuk...
2. buat yg saldonya blum cukup, ngantri lagi di bank bni utk bayar spp. DESEK-DESEKAN!!! minum baygon yuk...
3. ini puncaknya, ngedaftar ulang di rektorat, DESEK-DESEKAN!!!! minum baygon yuk...

itulah ritual tiap 6bulan sekali yg menjemukan di unand, huhuhu..kampusku..

gw lagi sibuk nyari bahan buat naskah artikel buletin pasar modal nih, deadlinenya bentar lagi... sibuk dulu ahh.. c u...

Welcome to My New Home....

Berhubung sangat minimnya fitur2 yg tersedia di blog gw http://www.febiarif.blogcom/ dan berhubung ribetnya ngurus blog yg di http://www.febiarif.wordpress.com/ maka gw, febiarif the saracen, dengan resmi mindahin alamat blog gw ini kesini, jadi segala postingan gw brikutnya ga ada lagi di kedua blog tersebut. Atas perhatian temen2 smua, gw ucapin trima kasih. Pis, Lop, Gaul.



ttd.

febiarif the saracen