Praktek Perjokian di Pasar Modal

Hei…febiarif back in his blog….
Crita2 pasar modal lagi… (lagi2 krisis maksudnya, hhehehe)
Krisis global yg tengah morotin perekonomian dunia khususnya pasar modal, berimbas ke Ind’sia. Dari belasan perusahaan di 2008 lalu yg rencananya bakal listing di bursa, cuma beberapa emiten yg jadi.
Apa cuma gara2 krisis global? Klo mnurut gw sih ga juga, delaynya perushn2 tersebut utk go public di BEI juga lebih terpengaruh gara2 hajatan pemilu di Ind’sia. Simpelnya, masih wait and see..
Ngomong2 tentang go public atawa IPO, salah satu hal katrok yg tetep aja terjadi saat momen IPO tersebut masih sama. Tiap tahun. Tiap kali. Sampe botak…: Perjokian.
Gw nyari2 artikel yg ngebahas perjokian ini beserta implikasinya, dan brikut gw ikhtisarkan…
Sebenernya praktik perjokian di pasar modal Ind’sia ini ‘baru’ berlangsung 10 tahun terakhir (umur pasar modal Ind’sia sendiri 30 tahun). Maksud perjokian di sini yaitu m’gunakan jasa orang lain utk mendapatkan saham perdana itu terjadi karna minimnya jumlah saham yang dilepas ke investor ritel/perorangan.
Rata2 jumlah saham yg dilepas ke investor ritel tsb cuma sekitar 2% dari jumlah saham. Sedangkan 98%-nya dialokasikan ke investor institusi, khususnya institusi asing. Dari jatah 2% utk investor ritel itupun, kabarnya juga udah dipesen org2 yg ‘berkuasa’.
Makanya, dari kenyataan tsb, banyak yg ngasumsiin alokasi 2% itu cuma buat menuhin syarat BAPEPAM-LK aja, dimana peraturannya mensyaratkan saham perusahaan terbuka kudu dimiliki paling dikit oleh 300 pihak.
Tapi umumnya jatah 2% utk investor ritel itu biasanya dialokasiin oleh perusahaan2 bermutu, sedangkan perusahaan2 yg kurang berbobot bisa nyediain bahkan lebih dari 50%.
Minimnya alokasi saham perdana utk investor ritel ini udah bikin peluang masyarakat luas utk berinvestasi di pasar modal mengerucut. en ga heran dalam 5 tahun belakangan jumlah investor dari negri kita ndiri ga lebih dari 250000 investor, ato cuma 0.22% dari jmlah angkatan kerja Ind’sia yg pada periode Februari 2008 berjumlah 111,48 jutajiwa.
Padahal di singapura da AS, rasio investor pasar modal sama angkatan kerjanya udah berada diatas 40%.
Minimnya alokasi saham IPO utk investor ritel juga udah bikin saham yg bakal diperdagangkan di bursa jadi ga merata karna ga terdistribusi secara luas. Kondisi yg kek gitu bisa nimbulin manipulasi pasar. Transaksi jual beli saham yg terjadi akan cendrung mnjadi semu karna adanya konspirasi di antara pemegang saham mayoritas. Pihak2 yg bersekongkol itu bakal dg mudah ngendaliin harga saham, apa itu harganya dinaikin, diturunin, ato di tahan harganya tergantung strategi mana yg akan ngasilin gain yg gede.
Kalo dalam pasar modal, hal yg kek gtu istilahnya dikenal dg Cornering the Market, ato di bursa Ind’sia, dikenal dg “saham gorengan”
Ketika sebuah saham gampang didikte, harga saham tsb bukanlah refleksi kondisi fundamental maupun teknikal saham tsb.
Itu juga ga ngegambarin kekuatan hukum supply and demand saham. Kondisi ekonomi, sospol, keamanan negara, regional maupun global jga ga terwakili. Bursa tsb juga ga bisa disebut sbg bursa yg bersih, wajar, teratur en efisien, melainkan bursa yg spekulatif.
Kondisi2 spt yg diataslah yg bikin banyak calon2 investor jadi ragu en dagdigdug buat investasi di pasar modal, akibatnya, jmlh investor dari kita ga nambah2….
Makanya, prinsip good corporate governance kudu dapet di praktekin pihak otoritas bursa sluruh dunia utk ngedapetin lagi kepercayaan investor yg kian tipis di kondisi pasar yg lg gonjangganjing kek gini…

Tidak ada komentar: