Wisata Tarwih

Ramadhan kali ini gw nyoba jalanin rencana yang belum jadi-jadi dilakukan di ramadhan sebelumnya, wisata tarwih. Tahun lalu sudah ada sih sekali gw pergi tarwihan sama pacar di daerah Olo gitu, tapi baru sekali itu juga, he.

Tahun ini gw mau coba lagi di lebih banyak mesjid, dan Alhamdulillah, di tiga malam ramadhan pertama ini gw telah sholat di tiga mesjid berbeda. Yeah, walaupun cuma deket-deket rumah juga.

kenapa gw mau pindah-pindah masjid untuk tarawehan? kalau alasan filosofisnya biar terdengar bijak ya karena gw pengin tau tradisi malam ramadhan di masjid di tempat-tempat lain. Tsaah.
Alasan utama: mau cari tempat solat tarwih yang cepat kelar!

Karena jujur gw kurang tenang untuk duduk lama-lama di mesjid dengan berbagai seremonial Ramadhan. Apa itu berarti gw suka beribadah ramadhan? Gw suka, tapi nggak suka dengan seremonial-seremonial yang macem-macem.

Gw seneng dulu di Jurangmangu di masjid MBM habis Isya jamaah dan solat sunat, ga ada panjang-panjang bla-bla-bla, wirid dikit trus langsung tarwihan. Malah di musola Mujahiddin ga pakai wirid, jadi siap isya sama solat sunat langsung tarwih. Mantap dah!

Jadi sekarang gw kalo tarwehan nyari tempat masjid yang kek gini:
- protokoler acara yang SINGKAT dan nggak bertele-tele, karena ada juga mesjid yang bikin sesi 'curhatan' pengurusnya,
- ustad wiridnya yang semangat dengan pengajian yang segar,
- bisa gw jangkau dengan waktu kira-kira 10 menitan sebelon isya, karena gw kalau buka memang sangat menghayati dan mendalami, hehe

Dari tiga mesjid yang udah gw satroni, satu mesjid komplek gw sendiri, satu mesjid di komplek seberang selatan, satu mesjid di pinggir jalan raya deket pabrik biskuit, ternyata rata-rata rundown acara tarwihnya sama, dan menurut gw memang udah kayak gitu standar tak tertulisnya untuk mesjid-mesjid di Padang ini.

Tapi biarpun begitu gw tetep seneng dengan wisata tarwih ini karena bisa ngerasain suasana mesjid dan jamaah yang berbeda-beda. Masalah tarwihannya yang bakalan cepat selesai atau nggak, itu cuman karna gw yang males aja ya, hehe..

Semoga gw tetep bisa lanjutin mengingat ramadhan masih 1/10 waktu. Coba deh...

Tidak ada komentar: