Jalan Kledekan Namanya, di Jogja (1)

Kejadiannya waktu saya selesai outing atau party atau holiday atau apapun namanya yang diselenggarakan kantor yang berlangsung glamor di private island macam pulau umang itu. Kalau langsung pulang ke Padang kok rasanya seperti terburu dan nanggung gitu ya. Urusan kantor pun masih belum tentu kejelasan terangnya.

Ya baguslah kalau jalan dulu hitung beberapa hari. Kemana? Ke Jogja saja jadinya? Iya. Itu kesepakatan saya dengan Angga. Yang kemudian nyusul ke Bandara Soetta dari kosannya. Ke Soetta karena saya harus meng-cancel tiket ke Padang yang buru-buru itu.

Secara spesifik alasan ke Jogja bukan karena apa-apanya yang menjadi daya tarik wisata dan budaya Jogja pada umumnya. Karena seperti yang Tuan tau, saya mah lempeng aja. Indonesia selalu indah di mana saja. Pun dunia yang terbentang ini. Biasa saja menurut saya. Dalam artian karena semua hamparan Allah itu menkjubkan, ya memang standarnya begitu. Jadi biasa saja. Adalah wajar indah begitu. Mengerti kah maksud saya?

 Ubi bene, ibi patria.

Tapi Tuan, kami memilih Jogja karena ada teman kami di sana. Si Anggit yang dulu itu. InsyaAllah di KTP namanya juga demikian. Teman semenjak SD, SMP, dan SMA juga. Ingin mengunjunginya lah sekalian, selain mempasrahkan hidup karena kegembelan kami. Haha..

Menggembel pun di mulai. Setelah tiket Jakarta-Padang di cancel, segera dari bandara ke stasiun Senen dengan masing-masing satu tas punggung.

Apakah seperti takdir, berangkat dari Senen, di hari Senin malam? Yang menjadikan kami sampai jogja pas Subuh, untuk kemudian membangunkan Anggit. "Nggit, jemput." Ok si Anggit datang, kemana? Terserah Anggit mau bawa kemana. Kami yang buta arah sudah pasrah dibawa kemana.

Muter-muter aja ternyata subuh-subuh, sambil paginya sarapan nasi gudeg. Ok.

"Ibu saya pulang ke Padang kemarin, jadi harus antar jemput adik-adik." Oo.. jadi hari pertama, ikut si Anggit antar jemput adik-adiknya yang empat orang itu ke sekolah. Serunya jalan-jalan seperti ini, mengikuti keseharian warga Jogja, bukan hanya sekedar meliat wisatanya saja.


Mampir siang di Kalimilk, cafe yang menyediakan susu murni aneka rasa, dulu pacar saya pernah rekomendasiin itu juga. Sore balik ke rumah si Anggit untuk anter adiknya dan meladeni tantangan maen peesnya. Kelar Ashar, berangkat lagi, buat nyari makan malam sekalian. Eh mampir dulu, jemput Ella, cewenya si Anggit. Dan di rumah Ella akhirnya ketemu juga dengan si Tam-tam kucing Persia jantan yang sering diceritakan si Anggit. Uyeeh..

Pulang makan yang gagal (karena terjebak dengan sambel rawit yang pedes), mampir ke alun-alun selatan, si Angga nyari-nyari spot foto. Nggak terlalu maksimal karena lighting kamera maupun background lighting di alun-alun itu sendiri kurang oke,.

Pulang. Tepar. 

Rabu, hari kedua di Jogja, subuh-subuh si Anggit nganter adiknya sekolah. Jam 9 nya ada ujian di kampusnya, tempat dia kuliah S2 sekarang. Yaudah saya dan Angga ikut lah ke UGM itu, sambil nyari sarapan di kampus. 

Sejam doang, Anggit kelar ujian, tapi ternyata masih harus jemput adiknya..

"Kalau begitu Ngga, kita jalan sendiri aja.."
"Ok..."

Ah, Prambanan deket ini. Tinggal naik Transjogja saja kan. Merkonsep serupa dengan Tansjakarta, tapi di Jogja. Halah..

Nyampe stasiun terakhir yang juga berlokasi di lokasi Prambanan, becak becak pada ngrubutin. "Sepulu ribu saja Pak, ke gerbang Prambanan.."

Kami tolak laaa.... Deket ini saja,.
Jalan aja dong ke gerbangnya...
Sett... Cape juga yah.

Kami ambil tiket satu paket yang juga ke objek candi Ratu Boko. Poto-poto. Bagus-bagus sih memang candi-candinya. Apalagi Borobudur kali ya? "Besok deh kita ke sana."

"Boss..gua ga bisa jemput ke Prambanan, ntar pulang naik tranjogja agi aja." Weeeewww... Pulangnya, tetep ogah kami make becak dari Prambanan ke halte. Pertama, kekeuh pada gengsi, tadi udah ditolak kok. Kedua, ehm, duit kami terbatas Tuan.. Hehehe

Turun di Ambarukmo Plasa pas azan magrib, nyari makan, lapar sangat karena makan terakhir kami pas sarapan di UGM itu saja. Makan siang kelewat.

Pulang ke rumahnya? Jalaaaannn lagi... dari Ambarukmo ke Kledekan. Sumpe lah nyampe rumah dan bisa merebahkan diri di kasur itu rasanya lega sekali.

Kelar magrib, maen pees betiga sama Anggit sama Angga nyampe jam 11an malam aja ternyata. Kelar pees, pergi makan ke angkringan, ngopi joss, dan makan nasi kucing yang ya ampun seiprit sekali. Saya perlu empat untuk menjadi kenyang, hmm...

Pulang lagi hampir jam 1 dengan menggadang-gadang bakal nonton bareng Jerman vs Belanda. Beli camilan, nongkrong depan tipi.. Pertandingannya berlangsung se Zzzzzzzzz....zzzzzzzz.....

Tidak ada komentar: