Selamat sore Tuan dan Nyonya, sementara ngisi waktu bikin tugas, saya mau cerita singkat, dimana realitanya, segala aplikasi pembinaan mental, fisik dan disiplin itu sudah tidak mempan lagi pas saya kembali di Padang. Seakan-akan penempaan militer selama lima minggu itu tiada artinya. Dari beberapa yang masih bisa saya pertahankan:
1. Kemampuan makan banyak dan lahap. Iya, sejak dari Secata Padang Panjang itu, saya keseringan merasa lapar. Makan, banyak, nambah, cuci mulut, ambil napas, lapar lagi. 
2.  Kemampuan tidur dalam segala medan dan waktu sesempit apapun. Bayangkan, waktu berbaris saja , para siswa di sana bisa tidur, saat berlari binsik pagi pun, akan ada momen sepersekian detik kita akan hilang kesadaran, saat sujud solat subuh? Beeehhh,. bisa lewat juga itu tidur agak sebentar. Bahkan ketika ujian HTF, sambil menunggu giliran di semak belukar ituu... kompak pada bisa ketiduran. 
Apalagi kembali ke kantor yang ber AC dan berkusi busa sekarang. 

Sedangkan, kemampuan yang tetiba hilang di sini, dimana di Secata itu rasanya enteng saja:
1. Kerapian PUDD. Di sana, isi lemari dan kasur saya kinclong. Anak perhotelan kalah pun sama saya. 
Saya kembali hari Sabtu, hari Minggunya bangun tidur, saya bahkan lupa melipat selimut itu apa. Sampai sekarang. 
2. Bangun sebelum subuh. Biasanya di sana bangun jam setengah 4. Suatu kegiatan yang dilakukan dan menjadi rutinitas, mestinya bisa membentuk sebuah kebiasaan baru. Tapi tetap saja sokongan dua alarm kurang mempan membangunkan saya untuk solat subuh sekarang ini. 
3. Binsik. Senam jas, smapta A, smapta B. Selama di sana, Alhamdulillah tidak ada sekalipun kendala saya dalam melakukan binsik. Binsik pagi jam 4, senam 20 hitungan x 10 gerakan  (atau lari 3x690m) plus push up dan sit up masing-masing 30 hitungan lambat, amannn. Siangnya ulang lagi, ditambah malam mengulangi binsik yang sama sebelum apel, terlewati semua. 
Nyampe sini, push up 10x saja sudah megap-megap lagi. 

Jadi ya, what happened in secata, stay in secata... 


1 komentar:

Usi Gomes mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.