Partnership Garuda Indonesia Airways dengan Liverpool FC

Kerjasama antara Garuda IA dengan Liverpool FC sudah terjalin lebih setahun, tapi saya baru mau bahasnya sekarang. Telat juga gapapa ya. Karena saya dulu nggak tertarik dengan beritanya, karena saya kan Gooners, bukan Liverpudlian.

Dari sekian banyak tim-tim yang sedang jaya sekarang, kenapa Garuda malah memilih bekerjasama dengan Liverpool? Yang kita tau (mungkin juga nggak) bahwa prestasi mereka satu dekade ini nggak terlalu bagus.

Asumsi saya, ini tak lain karena Garuda Indonesia mencoba menyesuaikan dengan target pasar mereka. Begini, saya punya keyakinan bahwa pada tiap era, akan ada klub-klub baru yang muncul, yang ngetop, dan digilai oleh fans-fans mereka yang masih muda atau baru kenal sepakbola. Begitu suka suatu klub atau pesepakbolanya, jarang yang kemudian mengganti klub/pemain favorit mereka.  

Liverpool ini, mencapai jaya di era 2-3 dekade sebelum ini. Maka yang jadi Liverpudlian Indonesia saat ini adalah mereka-mereka yang masih bocah pada masa-masa jaya Liverpool tersebut. Terus apa hubungannya? Nah itu dia, bocah-bocah Liverpudlian pada 2-3 dekade lalu sekarang ini telah berada pada usia yang produktif, yang telah bekerja, memiliki kepentingan bisnis dan urusan lainnya yang membutuhkan akomodasi penerbangan. 

Dengan bekerjasama dengan Liverpool yang jarang diidolai anak-anak jaman sekarang, Garuda berharap dapat menstimulus emosi para Liverpudlian yang sekarang sudah bangkotan untuk memilih penerbangan mereka. 

Akan sangat salah sasaran misalnya, jika Garuda memilih bekerjasama dengan contohnya Manchester City.Tim ini adalah karbitan untuk urusan prestasi, dan para fansnya ya abg-abg jaman sekarang, kalau bekerjasama dengan Man City, target market mereka tentu nggak terlalu 'ngeh', apalagi jadi tertarik dengan kerjasama yang dilakukan oleh Garuda. 

Begitu kira-kira asumsi saya. Semoga bermanfaat. Bye.. 


Tidak ada komentar: