Kue Lebaran Ideal

Sudah sejak 2011 lalu, kalau lebaran, saya selalu usul dan memaksa ke Ibu, untuk jangan menghidangkan kue-kue untuk lebaran, seperti lazimnya kue-kue lebaran. 

Maksudnya begini, Tuan dan Nyonya tentu mahfum bahwa pada saat lebaran, baik saat  menghidangkan kue lebaran, ataupun pergi berlebaran ke rumah orang lain, yang ada adalah kue-kue atau kukis yang nyaris seragam semuanya. Atau kacang-kacangan. Kastengelkah, nastarkah, putri saljukah, kue kejukah, kue bawangkah, kue sagukah, kacang bawangkah, kacang telorkah, dan sejenis-jenis itu semua. 

Tidakkah Tuan merasa mati selera ketika berlebaran ke rumah orang lain dan dihadapkan dengan kue yang itu-itu saja? Tidakkah Nyonya berpikiran bahwa tamu nyonya pun merasa mati selera ketika di rumah kita mereka nemunya juga kue-kue sejenis yang juga didapatinya di rumah-rumah lain yang ditamuinya itu? 

Tak jarang, akan selalu ada kue-kue lebaran idul fitri itu, akan ketemu dengan lebaran haji. Belum lagi harga setoples kue-kue itu sekarang yang lumayan mahal. Saya liat harga online kue kastengel, dijual 96ribu. Baru setoples, baru satu jenis kue. 

Lalu bagaimana?

Sejak 2011 hingga lebaran yang minggu depan, saya sudah sukses memaksa Ibu untuk lebih menghidangkan kue altenatif. Tidak susah nyarinya, dan relatif tidak lebih mahal secara agregat. Dibandingkan dengan harga kue-kue khusus lebaran. 

Gampang, tinggal pergi ke minimarket. Liat disana banyak wafer tango, udah yang kaleng, itu 20ribuan. Satu kaleng itu stok 3-4 hari lebaran juga cukup. Atau juga oreo banyak. Liat itu ada snack ringan stick kentang buatan industri rumah tangga. Setengah kilonya aja juga 20ribuan. Untuk stok selama lebaran pas. Sama itu juga permen bola coklat apa sih mereknya, pabrikan yang nggak terkenal. Tapi isinya banyak dan harganya ndak lebih pula dari 30ribu. Ponakan saya yang bocah juga banyak, ini bisa ada jual jelly bungkusan kecil dari nata de coco atau wong coco, sebungkus hampir 500gr itu 12rbuan, beli 4-5 bungkus cukup. 

Dan banyak lagi itu kan kue-kuean, biskuit-biskuitan. Tinggal pilih sesuai mau. 

Maka demikian kita sudah mendapatkan benefit-benefit seperti saya cerita di atas. Selera kita dan tamu menjadi ada alternatif dari kue-kue lebaran mainstream. Harga yang dibayarkan pun juga jadi lebih rasional, kombinasi kue-kue di minimarket itu, dengan jumlah yang lebih banyak, setara dengan setoples kue lebaran. 

Gampang dan seru nggak? Nggak juga gapapa. 


Tidak ada komentar: