Ilmu Tetep Ilmu, Guru Tetep Guru

Gw baru ngeh kalo beberapa hari lalu adalah Hari Guru setelah dikasi tau secara ga langsung sama Behelorens yang cerita kalo adeknya ikut upacara Hari Guru di sekolahan.

Waktu gw kelas 2 SD dulu, ada temen gw yang kedapatan sama guru kami Bu It* lagi buang sampah sembarangan. Bu It* menghukum temen gw dengan nyuruh mengambil lagi sampah itu PAKE MULUT dan memindahkannya ke tempat sampah!

Temen gw dihukum karna buang sampah sembarangan iya sih, tapi kalo hukumannya terkesan ga manusiawi gitu gimana coba?

Sebelumnya gw juga pernah kena hukum sama Bu It* karna gw en beberapa temen kedapatan bawa bola bekel ke dalam kelas (kami emang membawanya, tapi ga memainkannya dalem kelas). Hukumannya lebih mendidik dari temen gw yang buang sampah sembarangan tadi, yaitu disuruh berdiri di depan kelas dengan satu kaki sambil ngelantangin perkalian dengan angka satu sampe pekalian dengan angka tiga.

Tapi pas pulang sekolah, kami ngeliat bola bekel yang disita Bu It* sebelonnya, lagi dimainin sama anak-anaknya yang masih pada balita (Bu It* tinggal di rumah dinas di belakang sekolah). Oalah, mainan sitaan murid bukannya dibalikin lagi sepulang sekolah, malah dikasi sama anaknya.

Sejak kelas 2 SD itu gw membentuk stigma ‘guru baik’ dan ‘guru jahat’. Stigma kek gitu berkembang lagi di SMA. Di SMANDU, ada tambahan lagi berupa ‘guru pesolek dan pedandan’. Haha… Tapi pandangan-pandangan semacem itu udah gw kikis dikit-dikit setamat esema.

Setamat gw esema di tahun 2006, kita dikejutin sama berita heboh tentang guru dakwah Aa Gym yang mutusin berpoligami. Ibu-ibu sontak kecewa dan ‘patah hati’, Daarut Tauhid jadi sepi, stasiun-stasiun tivi menyetop program bareng si Aa’, pilot-pilot nerbangin pesawat (ya emang).

Ga lama berselang itu, disebuah kuliah umum yang gw ikuti (lupa gw dimana en siapa pembicaranya), pembicaranya ngingetin semua hadirin bahwa dalam agama terdapat suruhan nyampein ilmu yang kita miliki kepada orang laen walo cuma satu ayat. Dan siapapun yang ngajarin kita satu ayat ilmu tadi, betapapun brengseknya dia, adalah guru kita.

Alesannya karena walaupun yang nyampein ilmu itu ke kita contohnya orang macam Gayus Tambunan, tapi kalo yang diajarinnya bener, tetep aja bener. Ilmu tetep aja ilmu. Mutlak. Maka secara otomatis dia adalah guru kita. Dia itu koruptor pajak yang udah ngerugiin masyarakat Indonesia merupakan perkara lain.

Sama juga kek Aa’ Gym tadi. Apa yang disampeinnya kan ga ada yang jelek, urusan dia menikah lagi kan bukan urusan rumah tangga kita. Barisan ibu-ibu majlis taklim yang kecewa itu nunjukkin kalo mereka memandang Aa’ hanya dari segi sosoknya, bukan dakwahnya. (jadi kangen denger ceramah Aa’)

Ilmu yang disampein itu ibarat ‘intangible wakaf’, tau kan, kalo kita wakafin mesjid, selama mesjid itu digunain orang buat ibadah, pahalanya ngalir ke kita juga. Gitu juga dengan ilmu, apa yang kita ketahui selama itu menambah ilmu kita, dan ilmu itu diaplikasiin, pahalanya akan ikut juga buat orang yang telah ngajarin kita. Mulia banget guru itu kan?

Dengan begitu pantas buat kita untuk bersikap hormat kepada orang yang udah membukakan dunia untuk kita. Dan sikap hormat itu bukan hanya untuk pengajar formal kek guru sekolah dan dosen kuliah aja, tapi juga untuk semua orang yang telah menambah pengetahuan kita kek temen-temen sepergaulan, kakak, adek, tetangga, atau bahkan seorang kriminalis mungkin? =)

Tidak ada komentar: