Tips Menaruh Sandal di Masjid

Mumpung tulisan kemarin ada kaitannya dengan aktivitas Masjid, saya jadi ingin bertanya, pernahkah Tuan Puan kehilangan sandal/sepatu di Masjid?

Pernah? Sama. Saya juga.

Pernahkah karena kehilangan sendal tersebut, Tuan Puan justru malah ambil sandal milik orang lain yang serupa dengan sendal Tuan Puan  punya untuk pulang?

Pernah? Astaghfirullah, saya juga pernah. Tapi dari beberapa kali kehilangan sendal, saya hanya melakukannya sekali. Karma bisa berbalik kan Tuan?

Atau, pernahkah Tuan Puan tetap memutuskan bertelanjang kaki dan ketika berjalan secara nggak sengaja menginjak kotoran hewan?

Pernah? Masya Allah,. Combo kasian. Untungnya saya ga pernah Tuan. He

Waktu kecil, bersama sepupu saya si Wahyu, kalau ke Mesjid, kami akan meletakkan sandal dengan cara menumpuk sendal-sendal dan sepatu milik orang lain di atas sandal kami.

Efektif. Sendal kami ga hilang. Ya berada pada tumpukan paling bawah kan?
Tapi jadinya sendal kami kotor. Dan mungkin saja si sendal jadi kehilangan wibawa berada di bawah sendal-sendal lainnya. Siapa tau.
Dan juga orang-orang lain jadi marah karena melihat susunan sendal/sepatu mereka telah acak-acak.

Tidak mungkin melakukan hal itu lagi ketika dewasa. Pun sekarang kan sudah ada jasa penitipan sendal?

Tapi bagaimana kalau ga ada penitipannya? Ide orang-orang yang saya tau, mereka menaruh kedua sendal secara terpisah. Yang kiri di Sulawesi, yang kanan di NusaTenggara.

Nah, itu kan orang-orang. Saya mah ogah sengaja jalan untuk menaruh dua sandal itu berjauhan. Kasian mereka LDR gitu.

Ide yang semenjak SMA lalu saya terapkan agar sendal/sepatu tidak hilang di Mesjid adalah, meletakkannya dengan posisi terbalik. Bukan sendal kanan diletakkan di sebelah kiri dan sebaliknya dong, tetapi meletakkan kedua sandal/sepatu tersebut dengan menghadapkan tapaknya ke arah atas.

Efektif lagi. Alhamdulillah. Karena, sebagus apapun sendal/sepatu Tuan, semahal apapun harganya, sementereng bagaimanapun mereknya, yang namanya tapak sendal/sepatu, nggak ada yang bagus keliatannya.

Demikian sedikit tips dari saya. Siapa tau tidak berguna.
Terimakasih.

Tidak ada komentar: