Buktinya, minggu pagi kemarin saya juga sama banyak tiduran saja. Nonton kartun, nonton berita. Ada berita video anak sd di bukittinggi, rame-rame mukulin temen sekelas mereka, cewek, dan nggak ada satu diantara yang melerai. 
Ngeri, pada kenapa itu bocah? Liar begitu. Di Sumatera Barat pula. 

Tapi, terlepas bahwa itu adalah anarkis, dan kejam, dan bahwa memang kenyataannya begitu, rasanya ini saya mau menebak-nebak, kenapa teman-temannya korban tadi, rame-rame membully dia, dan ndak satupun mencoba membela. 

Mungkin, mungkin saja, si korban bully ini memang sudah sedari dulunya suka bikin kesal teman-temannya sekelas itu. Ada kan yang seperti itu kita temui semasa sekolah atau di lingkungan kerja? Sejenis public enemy gitu. Tiap apa yang dilakukannya itu bukan hanya bikin kesal seorang dua, tapi mayoritas orang dilingkungannya.

Ketika sudah memuncak, dan ada momen, pecahlah kesal itu. 

Cuma ya itu bedanya dengan video tadi, yang paling ringan sanksinya ya dikucilkan begitu ya? Sanksi sosial lah. Atau disidang rame-rame. 

Tapi itu video, pake fisik. Itulah nanti kesalahan holistik pendidikan di rumah, di sekolah, di tontonan, di permainan, di pergaulan. 

Karena dulu, kalaupun ada temen yang bikin kesel begitu, tak pernah saya dan kawan-kawan mukulin rame-rame, cewek pula. Kan harusnya disayang. ^_^

Ada, maksudnya, iya, bukan nggak pernah ada, ada, tapi kalau cewek itu memang nggak pernah. Cewek yang bikin kesel ya diselesein pula sama temen cewek. Yang cowok mah ada beberapa kali, Karena saya dulu pemberani, beraninya rame-rame maksudnya, beraninya sama yang kecil juga. Haha.  

Biasanya, kalau sudah bikin kesel banget, kita rencanain momennya, kita tentukan lokasinya. Nanti kita ajak teman yang ngeselin itu, ke musola sekolah kah (sepi, karena jarang yang ibadah kesana kan?),  ke toiletkah pas istirahat atau pulang. Disana kita rame-rame beri pengertian ke temen yang ngeselin itu. Pengertian melalui makian. Kalau melawan, ya dengan gebukan. 

Biasanya, biasanya, kalau sudah begitu, temen-temen yang ngeselin itu akan mengerti dengan sendirinya, hee. 

Selain membully, saya bukannya nggak pernah dibully juga, He. Ada waktu baru pindahan rumah. Perlu saya beri tau sebelumnya, pendiam itu beda dengan sombong ya. Itu yang kebanyakan orang masih melihat yang kasat dari mata. 

Saya dihadang main sepeda, dikasih pengertian lewat makian saya melawan, dikasih pengertian lewat gebukan, ternyata dari yang rame itu yang mau gebukin cuma sendiri, temen-temen yang lainnya mah tau saya pemberani, beraninya rame-rame tadi maksudnya, he. Paham konsekuensi sepertinya mereka. Yang sendiri tadi jadi paham kondisi karena teman-temannya paham konsekuensi. Jadilah cuma begitu saja. Haha.

Cuma sd smp sih saya begitu-begitu. Sma dan kuliah sudah hidup tenang lagi saja.

Iya, Tuan yang sekarang jadi guru, rasanya perlu juga Tuan belajar memahami situasi kelas. Tau bagaimana atmosfer pergaulan dan politisisasi di dalam sana. Mana yang lugas, mana yang culas. Mana yang pemalas, mana yang suka main terabas.  Yang seperti-seperti itu, menentang dari arus pergaulan, harus bisa didekati secara personal. Harus bisa diberi pengertian, sebelum teman-temannya yang bikin tindakan.


Tidak ada komentar: