Free Lunch

Syahdan Milton Friedman pada 1975 memunculkan istilah dalam ilmu ekonomi yang juga kemudian dipakai dalam komunikasi masyarakat sehari-hari, bahwa hari ini tak ada lagi makan siang gratis. There's no such thing as a free lunch. Baik secara istilah, maupin harfiah. 

Tapi seminggu ini saya menyangkal dengan senyata-nyatanya teori itu. Udah hampir dua minggu ibu di rawat di rs (lagi). Jadinya saya tak bawa bekal makan siang. Tapi namanya anak soleh, Alhamdulillah rejeki ada aja.

Kamis minggu lalu saya telpon Rahmat apakah istirahat siang ke mess atau nggak, kalau iya, apa ada rencana beli makan siang, nitip sekalian rencana. “Ga usah bang, pokoknya datang aja. Makanan udah ada!”  Weh? Kenapa bisa.

Saya nyampe mess, “Assalamualaikum”. Saya nyapa masuk baik-baik, untungnya gitu, nggak pake dimacem-macemin, biar terkesan lucu. Eh, yang nyambut masuk om-om. Lhaaa… Ada adip nyamperin, “Bang, kenalin itu papa aku bang…”

Oooo… Orang tua dan adek adi ini liburan ke padang. “Om ini sejak jaadi pegawai, nggak ada gitu yang cuti libur lama, jauh juga kayak gini.”

“Berarti bagus dong om si adipnya kerja disini, jadi punya alasan untuk cuti dan liburan, hehe.” Itu saya menanggapi sambil makan soto, soto jawa, yang dimasakin ibunya adip. Suwiran ayamnya ayam kampung. Pake sambel rawit merah, pake tetesan asam yang segar, pake sayur. Enak.  

Jumatnya, memang biasanya saya ke mess juga, ada juga sih dapat jatah nasi bungkus waktu rapat. Tapi mamanya adip gorengin tempe sama ayam. Sambelnya sambel colek kecap, pake rawit, pake bawang. Sayurnya bening. Beuuuhhhh… Nasi bungkus rapat jadinya saya nyatakan expired. Hahaaa…

Itu juga karena ada orang tua adip, kita jumatnya jadi sebelum azan dong. Padahal biasanya kalau makan dulu, nyantei gitu. “Bang, ini malaikat-malaikatnya pada kaget nih, absen kita di masjid biasanya di belakang-belakang. Ini kelabakan malaikatnya nyiapin absen karena kita datengnya duluan. Hahahaaa…”

Senin, Rahmat nelpon, “Bang ntar istirahat ke mess lagi aja kita.” Oke mat. Ada ayam goreng kayak hari jumat, tapi ini sambelnya bukan kecap, tapi sambel terasi pedes manis. Barakallahhhh… Tiap hari itu masaknya mama adip ini untuk banyak-banyak porsi pulak.

Dan kemarin selasa, saya sudah mentekadkan diri, untuk tidak istirahat makan siang ke mess lagi. Biar di warung aja lah. Malu kite kalo ke sane mulu… Ngerepotin orang juga ih.

Bahkan Bang Ron sampe kirim pesan, “Rif dimana, istirahat ke sini kan, ini mama adip nanyain, udah masak nih.” Seperti saya bilang, segen sih saya makan siang kesana terus. Maka dengan diiringi komitmen kuat saya jawab bang ron dengan tegas, “Oke bang, ntar lagi saya ke sana.” Mbahahaa. Iman mah loyo.

Jadinya saya disambut ayam lagi. Wah kali ini juga digoreng, tapi ayamnya sudah dilumeri semacam saus kacang begitu. Jadi kalau tuan bisa bayangin, itu adalah seperti sate ayam. Tapi bedanya ini ayamnya berupa potongan-potongan gede, digoreng, terus dikasih ulekan kacang yang udah pake sambel. Wahhh…

Kamis pas libur imlek besok orang tua adip pulang ke Surabaya, masih ada nanti siang yang akan menjadi misteri kemana saya akan makan siang, tapi melihat tabiat saya sih bisa lah Tuan duga kemana. Hehe. Mudah-mudahan anak soleh ini ada beroleh rezeki. Terima kasih orang tua adip. 

Tidak ada komentar: