Stop Press for a While

Setau gw, sewaktu acara pengenalan kampus ketika pertama kali memasuki universitas dulu, setiap mahasiswa diperkenalkan dengan tiga konsep Tri Dharma Perguruan Tinggi (TDPT). Tri Dharma Perguruan Tinggi ini adalah landasan bagi seluruh perguruan tinggi di Indonesia, krusial seperti Pancasila yang menjadi landasan negara.

Oke, gw ga inget tiap butir yang terkandung dalam TDPT ini (mungkin akan lebih gampang mengingatnya jika dulu dinyanyikan dengan irama lagu ‘Satu-satu’, bukan dengan irama seriosa yang membosankan itu), tapi yang gw pasti inget bahwa salah satu isinya menyatakan bahwa sebagai insan peruguan tinggi, mahasiswa wajib melakukan pengabdian ilmu kepada masyarakat.

Di Universitas Andalas, salah satu wujud pengabdian kepada masyarakat itu diterjemahkan kedalam satu bentuk kegiatan dengan mengirim mahasiswa-mahasiswanya ke daerah-daerah pelosok di Sumatera Barat untuk membuat suatu program berdaya guna sehingga bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat tersebut kedepannya. Kita mengenal kegiatan tersebut dengan nama: Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Tahun ini gw menjadi salah satu mahasiswa yang akan terlibat dalam kegiatan tersebut. Berdasarkan hasil pembagian wilayah, lokasi yang akan gw kunjungi adalah Kabupaten Pesisir Selatan, tepatnya di Nagari Air Haji, Jorong Labuhan Tanjak. Nagari yang berada di pesisir bagian barat pulau Sumatra ini terletak di sebelah selatan Kota Padang, sekitar 7 jam perjalanan dan lebih mendekati perbatasan Sumbar-Bengkulu.

Seumur umur gw sebelumnya belum pernah ke sana, tapi orang-orang disekitar gw udah ngingetin yang aneh-aneh,
Behelorens: Abang, nanti di sana kena pelet.. ga mau…
Abang sepupu gw: hah, pesisir selatan ya? Hati-hati aja kalo-kalo di pelet..
Kakak gw: Pokoknya jangan sampe kena pelet sama orang sana.. jangan sembarang makan kalo di kasih orang lain
Junior gw di kampus: wihh, bisa kena pelet dong bang? Huahaha..
Guru: Rif, lo di sana jangan bersikap terlalu baik,.ntar dipelet, diangkat jadi mantu ga balik-balik lo ke Padang! Supaya ga kena pelet mending lo pura-pura ga punya tata krama aja di sana, eh tapi lo kan sehari-harinya emang ga punya tata krama, berarti ga harus pura-pura dong… Hahaha…

Arghh, terima kasih sudah ngingetin gw, TAPI APA HARUS TENTANG PELET SEMUA?? Sampe beberapa hari kemarin gw ketemu temen RombonganSirkus, si Resya, yang nanyain lokasi KKN gw,
“rif, dapet lokasi KKN dimana?”
“di Kabupaten Pesisir Selatan…”
“wah, hati-hat..”
“Kalo mo komentar tentang pelet-peletan lagi mending ga usah aja, bagusan kasi komentar lain yang bikin jiwa tenang”. Buru-buru gw potong kalimat Resya sebelon ngelantur ke pelet-peletan. Mbok ngasi komentar yang nambahin passion gw buat ikut KKN kek..
Karena gw sanggah, Resya meralat komentarnya,
“Hehe, maaf deh, cowokku tahun kemaren juga di sana.. aman-aman aja kok, tapi awas-awas aja di SANTET..,”

HUAAHHHH… Bacok aja gw.., Nggak ngasi komen tentang pelet eh taunya lebih parah lagi pake santet segala, Apa ga ada gitu yang ngedukung kek “Eh, di sana tempatnya keren banget lho rif kek Burj Dubai ” atau “Wah, iri deh gw sama lu bisa dapet lokasi kek gitu,.mau gw tukeran sama lo!”.

Tapi sebalik dari survey lokasi hari Rabu kemaren, keknya apa yang ditakut-takutin itu ga perlu terlalu dikuatirkan. Walopun survey waktu itu cuma sampai batas kecamatan aja, belum sampai ke jorongnya, keliatan di sana biasa-biasa aja kok, sambutan pihak kecamatan pun bagus. Ditambah tanggapan pofitif Behelorens setelahnya, kesemuanya udah bisa bikin gw tenang en siap untuk berangkat hari senen besok.

Tidak ada komentar: