Tetap Solat Dulu atau Nggak?

Gambar
Gw ditanya temen, "Rif, kalau lu lagi solat trus ada orang yang ngambil tas yang isinya barang penting ato berharga yang lu taruh di deket lu, lu tetep lanjutin solat atau hentiin orang itu?" Gw menung bentar, tepatnya menung dan mikir, karna ada juga yang bermenung belum tentu lagi mikir...

Habis itu gw jawab, "Gw bakal tahan tu orang."
"Berarti lu batalin solat lu?"
"Solat gw kan bisa ulang lagi habis itu, tapi kalau orang itu terus lari gw ga bakal bisa ngejar lagi". Gw lanjutin, "gw pikir Allah tentu tau alasan kenapa gw batalin solat kek gitu, lagian bukankah dalam agama kita diwajibin menjaga harta kita?"

Gw jawab gitu karna inget cerita ustad, kalau kita lagi berdoa dalam hati trus ada yang ngucapin salam ke kita, kita bisa pending doanya dan menjawab salam itu, karna walaupun dua-duanya itu wajib, tapi kan orang ga tau kita lagi berdoa sehingga kalau kita tetep berdoa bisa menimbulkan wasangka, sedangkan Allah tau urgensi kita.

Apa jawaban gw tadi terlalu duniawi dan salah? Ada tau jawaban yang seharusnya dilakukan dalam kondisi kek gitu?

Tidak ada komentar: