First Full Time Eid in Padang

Seingat saya, seumur-umur, keluarga saya mesti Lebaran mudik ke Sungayang, Batusangkar. Dulu, paling nggak sampai SMA-an deh kalau ga salah, tiap solat Ied sudah mesti di Sungayang. Lepas SMA-an itu kadang solat di Padang dulu, atau tetep di Suangayang, tapi intinya tetap lah, dalam liburan lebaran itu kudu mudik lah, karena memang semua keluarga besar berasal dan ngumpul di sana.

Oya, perkara Sungayang ini pengen saya bahas khusus di lain waktu, InsyaAllah, bagaimana sejarahnya, tradisi-tradisinya, dan kondisinya saat ini, menurut saya sebagai peranakan sana. Insyaallah. 

Nah, lebaran taun ini, sejak akhir taun lalu ayah terkena stroke, dan pada Ramadhan ini juga ibu sedang tidak dalam kondisi sehat, jadilah akhirnya tercipta sejarah kami sekeluarga cuman di Padang selama lebaran. 

Seumur hidup lebaran di Sungayang, sekalinya di Padang, full, terasa aneh memang. Di kamping mah pas lebaran suasananya idup, rame. Di sini, anyep,, sepi aja. 

Memang bagusnya juga ada, lain pula rasanya ngerasain suasana kota padang yang biasanya sesak dan macet bisa menjadi lapang dan legaan begini. 

Mungkin gitu juga apa yang dirasain warga Betawi ketika lebaran, ketika Jakarta mereka yang disesaki pendatang, pas lebaran tiba-tiba jadi sepi begitu. Jadi milik sendiri lagi. 

Tapi kurangnya di Padang ini, barangkali karena adanya anak-anak 'panambang' yang rame-rame datengin rumah-rumah buat mintain THR. Begini, kalau anak-anak komplek misalnya, yang memang sering keliatan lewat depan rumah, ya orang-orang komplek juga bakalan nyuruh masuk, nawarin kue, nanya-nanya, baru ngasi duit. 
Asik kan gitu. 

Na ini, anak-anak rame-rame datang begerombol, ga tau asalnya darimana, orangtuanya sapa, pada 'neror' rumah-rumah orang yang pintunya kebuka. Ternyata bukan saya aja yang takut gitu, para tetangga sepertinya ngalamin hal traumatis serupa. Mungkin ini salah satu kelebihan di Sungayang, anak-anaknya nggak keliatan jadi bocah-bocah 'panambang' ekstrim gitu. 
 
Dan jadi ya lantas ngapain aja lebaran di Padang? Kalau di kampung jelas, kegiatan kunjung-mengunjungi padat sangat. Di sini juga ada saya pergi, tapi nggak se banyak di kampung. Lagian karena memang lebaran ini nggak bisa pulang karena mesti ngejagain bapak-ibu.

Tenang-tenangla saya di rumah dengan kegiatan pasti: makan-tidur-nonton-games. Asik.

Well, besok udah masuk kerja lagi, meski bursa bakalan masih sepi keknya. 

Tidak ada komentar: