Saham WIKA, Triangle

Dimulai dari akhir tahun lalu, saham WIKA telah mengalami rally luar biasa hingga sekitar lima bulan kemudian. Dimulai dari harga 485, dan berakhir di harga tertinggi 1110. Melonjak 128.8% dalam lima bulan! Wauuw… Melebihi keuntungan perusahaan sendiri yang mencatat kenaikan laba akhir tahun sebesar 24%.
gambar
Setelah mentok di level psikologi 1000-an, memang sudah mestinya saham tersebut koreksi ke 870 hingga sebulan. Lepas setelah itu, saham mulai mencari titik imbang baru. Penyeimbangan tersebut terlihat dari fluktuasi saham yang menyempit. Jika digambarkan sekarang, sehingga membentuk sebuah pola symmetrical triangle.

Untuk menentukan level support dan resisten kami mencoba menggunakan fibonacci dimana untuk support berada di 980, dan jika jebol bukan tidak mungkin menuju fibo 61.8 di level 900. Sedangkan titik resisten WIKA yang mesti ditembus yaitu 1050.

Pada perdagangan sesi dua Senin ini, ada kemungkinan target tersebut tidak lama lagi bakal tertembus untuk kemudian menuju target resist selanjutnya di 1100.

Yang mesti diwaspadai adalah indikator-indikator yang menunjukkan pelemahan. Moving average, MACD, RSI, dan Parabolic memperlihatkan hal tersebut. Indikator positif yang mendukung hanya ADX histogram dan Stochastic.

Kenaikan luar biasa yang dialami seperti WIKA sebenernya juga dialami oleh sesama perusahan kontraktor lainnya; ADHI. Bahkan pola chart dan durasi kenaikannya pun serupa dengan WIKA.

Yang membedakannya sekarang adalah pasca koreksi teknikal. Jika WIKA masih bisa fluktuatif yang cendrung sideways, ADHI malah cendrung turun terus hingga saat ini.

Well,. ini ceritanya telah melenceng sepertinya. Memang akan menarik jika kita perbandingkan antara keduanya. Tapi InsyaAllah lah lain waktu.

Tidak ada komentar: