Antisipasi Penipuan Lowongan Kerja 1

Minggu lalu,  ada beberapa rekan menanyai saya, terkait adanya ini. Wah, pakai domain email sendiri, nggak pakai yang gratisan, modal juga penipunya. Tapi tetap aja, saya jawab langsung itu boongan. Karna memang perusahaan tidak sedang membuka lowongan untuk itu. 

Sore kemarin, ada temen yang nelpon lagi, katanya, dia dapat undangan, "Undangannya pakai kop resmi rif. Disuruh interview hari Rabu di Gresik." Kaget juga, "Coba kirimin ke saya dulu itu suratnya, tapi dari sekarang aja bilang, ga usah diladeni."

"Kenapa? Saya tadi juga udah nelpon kontak yang disurat itu, katanya bener rif..." Temen saya penasaran. 
"Kirimin dulu aja emailnya, ntar saya jawab mana yang salah."

Email masuk, ada link pdf-nya. Saya donlot, ada lima halaman surat undangan untuk menghadiri interview di Gresik. Suratnya pakai kop dan logo, tapi kop dari perusahaan/grup nggak seperti itu. Logonya juga logo lama. Nomor surat aneh, nama departemen mengada-ada, janji muluk, NIP aneh, tatabahasa kacau, bahasa inggris ngaco. 

Saya cek nama kontak person di sistem karyawan grup, kan, nggak adaaa... Dan banyak hal lainnya yang dapat terlihat jelas palsu-sepalsunya. 
Termasuk juga inti dari penipuan itu adanya instruksi untuk melakukan reservasi tiket ke agen travel tertentu untuk keberangkatan ke Gresik, dimana katanya ntar bakalan direimburse. 

Saya telpon balik temen tadi, jelasin kondisi bagaimana-bagaimananya. Alhamdulillah dimengerti, dia juga cerita, ada juga temennya, yang juga dapat surat itu, udah hampir transfer ke tour travel kampret itu. Di FB, temen cerita ada malah yang udah terlanjur treansfer jutaan, tiket yang ditunggu ga datang-datang... Masya Allah.  Naudzubillah...   



Tidak ada komentar: