Modus Tipu-Tipu Kasir Swalayan


Apa yg biasanya kita lakukan ketika lagi membayar belanjaan di kasir (khususnya kalo belanjaan kita itu banyak dan cukup memakan waktu buat menghitung total pembayaran)? Jawabannya macam-macam, sejauh yg gw perhatiin, hal-hal yg umumnya kita lakukan :

- Melihat-lihat situasi sekeliling
- Mijit-mijit tombol hape
- Melihat-lihat coklat, permen, rokok, ato batere yg ditarok deket meja kasir
- Melirik-lirik kasirnya kalo cakep, hehe

Namun jarang yg ada merhatiin ato ngikutin hitung-hitungan kasir terhadap belanjaan kita. Yah, kalo dipikir-pikir buat apa juga kita ikut menghitung, toh udah ada scanner barcode dan mesin hitung si kasir.

Tapi kecuekan kita itu bisa dimanfaatkan kasir baik secara pribadi maupun oleh perintah manajer swalayan untuk mencurangi hitungan belanjaan kita. Memang mesin hitungnya ga salah dalam menjumlahkan angka-angkanya dan tidak ada kekeliruan dalam perhitungan matematis, namun dalam jumlah yg dihitung tersebut udah terselip harga barang yg sebenernya ga kita beli sehingga ga seharusnya kita bayar.

Salah satu caranya yaitu dengan menghitung ganda barang yg kita beli, dan dilakukan terhadap beberapa item. Cara ini cukup berhasil untuk pembeli yg belanjaannya banyak sehingga tidak menyadari ada beberapa barang yg dihitung ganda, yg jumlahnya, dalam akuntansi diistilahkan ‘tidak material’. Hal ini dapat dilakukan dg meng-scan barang berharga rendah yg sama dua-tiga kali ketika pembeli sedang lengah.

Gw sebelumnya tau modus kek gini dari cerita beberapa orang dan baru tau kejadian sebenernya beberapa hari lalu. Gw pergi belanja ke swalayan Y*ssie yg cabangnya ada deket rumah gw di Tabing. Di meja kasir gw ngantri di belakang seorang ibuk yg belanjaannya lagi dihitung kasir. Pas mau bayar, ni ibuk kaget ngeliat total belanjaannya, Rp. 135.400. Si ibuk nyuruh lagi kasirnya hitung ulang, awalnya kasirnya nolak, tapi karena didesak, dia hitung lagi, dan hasilnya: Rp. 121.3xx!!! Selisih Rp. 14.000-an!!!


senjatanya kasir

Lagian kasirnya curangnya kebangetan sih, jumlahnya segede gitu ya jelas gampang ketahuan. Bayangin kalo si kasir bisa nipu rata-rata 10ribu sehari, trus pembeli yg ditipu ada 10 orang, maka sehari dia dapat 100ribu. Sebulannya dapat 3juta, total setahun 36juta!! Bisa punya swalayan sendiri si kasir. Hehe..

Dari pengalaman seperti itu, untuk selanjutnya ketika berbelanja kita bisa melakukan hal berikut:

- Ketika sedang belanja dan kurang yakin dengan hitungan kasir, kita juga harus nyoba ikut menghitung sendiri
- Ato kalo emang milih celingukan ketika di kasir, coba hitung ulang lagi struk yg udah diterima setelahnya. Tapi tentu lebih baik cara pertama karena kita ga harus bolak-balik nantinya seandainya hitungannya salah.
- Trus kalo ada temen-temen pembaca ini yg berprofesi sebagai kasir, bukan maksud gw untuk ngajarin modus baru untuk nyari keuntungan, karena walaupun kita bekerja sebagai kasir toh kita juga seorang konsumen, kita memenuhi kebutuhan sehari-hari juga dg melakukan pembelian, dan kita juga ga ingin diperlakukan seperti itu kan? =)

***

Oya, satu lagi hal aneh di dunia per-swalayan-an ini, yaitu kembalian duit receh yg diganti dg permen. Pernah ada surat pembaca di Kompas yg cerita dia ngumpulin permen-permen kembalian tersebut dalam toples sehingga terkumpul banyak, trus dia belanja di swalayan dan membayar belanjaannya dengan setoples permen tadi. Terang aja kasirnya nolak dengan alasan pembayaran yg diterima hanya uang. Nah lo, lo pikir kembalian Rp 25, 50, 75, ato 100 itu bukan uang? Kenapa diganti permen coba? Ckck.. makanya bikin harga jangan yg aneh-aneh…

Tidak ada komentar: