Sedekah Sang Yahudi

Seorang Yahudi berpapasan dengan Rasulullah SAW., lalu orang itu berkata’ “Assamu’alaika!” (celakalah wahai engkau Muhammad!). Nabi pun menjawab: “waalaika!” (dan juga untukmu!). Para sahabat nabi berkata: “sesungguhnya dia telah menyampaikan salam kematian kepada engkau.” Nabi saw menjawab “Aku telah menjawab yang demikian pula untuknya.” Kemudian Nabi berkata lagi pada para sahabat, “Sesungguhnya orang Yahudi itu akan digigit ular di tengkuknya, kemudian dia akan mati.”

Selang beberapa waktu, Yahudi tadi berjalan sambil membawa setumpuk kayu bakar. Itu berarti dia tidaklah mati sebagaimana dikabarkan oleh Nabi. Rasulullah berkata padanya, “Letakkanlah kayu itu!” Maka Yahudi itu pun meletakkan kayu bakar tersebut. Setelah dibuka, di dalam kayu tersebut ternyata ada seekor ular sedang menggigit kayu.

Nabi saw bertanya: “Hai Yahudi, amalan apa yang telah engkau lakukan hari ini?”
Si Yahudi menjawab, “Aku tidak melakukan apa-apa, kecuali aku datang dengan membawa kayu bakar ini, dan aku mempunyai dua potong roti, yang satu potong aku makan, dan yang satunya lagi aku sedekahkan pada fakir miskin.”

Rasulullah lalu bersabda “Dengan sedekah itulah Allah menghindarkan kematian dari engkau. Sesungguhnya sedekah dapat menghindari kematian yang buruk dari manusia.”

Tidak ada komentar: