Tokoh Pasar Modal Padang

Semalam rekan Pojok Bursa Efek Indonesia Unand mengadakan acara Pojok Award, semacam penghargaan bagi para pengurus dengan berbagai kategori dan  kriteria-kriteria tersendiri yang saya tidak terlalu musingin berdasar apa. Acaranya seru dan meriah gitu saja sudah bikin senang. 

Di Padang, kegiatan dan nilai transaksi pasar modal nggak semarak seperti di kota-kota lain. Orang-orang yang terlibat di dalamnya masih itu-itu saja. Adapun yang baru terlibat ya masih tahap-tahap awal. 

Namun begitu, dengan sedikit tokoh yang ada tersebut sepertinya sama sepakat untuk menyemarakkan pasar modal ke masyarakat agar bukan hanya sekedar seperti gerakan akar rumput. 

Baik itu dari segi edukasi ke masyarakat, investor baru, peningkatan transaksi, perambahan pada dunia akademik yang masih baru hanya mengenal teori, dan juga SDM untuk yang terlibat di pasar modal Padang. 

Saya mengenal pasar modal Padang secara aktif mulai 2008 sejak awal bergabung dengan Pojok BEI, hingga sekarang, menurut saya berikut tokoh-tokoh yang telah aktif memajukan pasar modal di Padang:

Beliau ini Kepala Kantor Pusat Informasi Pasar Modal Padang, kuasa perwakilan Bursa Efek Indonesia, di bawah divisi pemasaran. PIPM diresmikan di Padang tahun 2008 dan sejak saat itu Pak Reza menjabat sebagai pimpinan di PIPM. 

Sejak adanya PIPM, banyak pihak dari berbagai kalangan yang berkunjung dan semua diterima dengan baik oleh Pak Reza, kalau sebagai Pojokers, memang terasa sambutan Pak Reza terhadap antusiasme mahasiswa. Saran dan nasihat yang diberikan juga tidak melulu soal pasar modal tapi juga kiat-kiat karir dan lifeskill yang berguna bagi kami.

Melalui PIPM, Pak Reza aktif mengadakan event-event edukasi pasar modal mulai dari Sekolah Pasar Modal, Forum Investor, Forum Calon Investor, Proram Edukasi, Kunjungan Instansi, kampus, dan berbagai acara lainnya.

Seingat saya ketika tahun awal PIPM mengadakan event yang datang itu separuh dari undangan hingga sekarang jika mengadakan acara hampir selalu melebihi kapasitas yang disediakan. Ya artinya awareness masyarakat terhaadap pasar modal sudah mulai on. 

Masyarakat pasar modal umum di Padang mungkin banyak yang nggak kenal dengan beliau. Namun kami tau, berkat pro aktif si Early inilah kalangan akademisi mengenal pasar modal serta sebaliknya, kalangan pasar modal mengenal Unand melalui Pojok BEI-nya. 

Saya seangkatan dengan Early ini waktu pertama kali bergabung dengan Pojok BEI, setahun sesudahnya Early terplilih sebagai Direktur Utama dan menjalankan megaproyek konsep Pojok BEI 3 in 1. 

Aktif melobi berbagai kalangan dari stakeholder untuk mengurus proses 3 in 1, namun juga tidak mengabaikan staf-staf lainnya mengenai edukasi pasar modal. Kalau Pojok BEI di kampus lain yang aktif untuk mendirikan Pojok BEI 3in1 datang dari dosen, kalau Unand, murni diaktifi oleh mahasiswa.

Salutnya ketika masa jabatan sebagai Dirut yang setahun itu habis, sementara proyek 3 in 1 masih separuh jalan, beliau tidak serta merta meninggalkan Pojok BEI. Proyek tetap jalan hingga akhirnya bisa diresmikan tahun 2011 lalu. Jadi total 3 tahun lebih itu menunjukkan kepada Pojokers apa itu namanya dedikasi.

* Bang Devi dan Bang Rudi
Nah, ini tandem maut. Dua broker Panin Sekuritas Padang, yang menguasai lebih dari separuh nilai transaksi pasar modal di Sumbar. Mentor saya dan Early dalam mendalami dunia praktis pasar modal. Haha.. Kami awal kenal beliau juga saat Panin Sekuritas nebeng lokasi awal di PIPM, nah karna sering mampir ke PIPM, otomatis juga ngobrol-ngobrol dengan beliau berdua. 

Dari merekalah saya tau bagaimana dunia praktik pasar modal sesungguhnya. Karna jika mengharapkan edukasi datang dari dosen, ya taunya hanya teori.

Dari praktik sesungguhnya ini kita jadi tau bagaimana selain pergerakan 'suci',  pergerakan saham juga banyak diperani oleh bandar, dan bahwa analisa saham itu bukan cuman fundamental dan teknikal, tapi juga rumor-rumor dan isu pasar. Tinggal bagaimana investor menyikapi, mau pilih cara baik atau sebaliknya. Sesuai pemahaman yang diimani saja lah. 

*Broker-broker dan trader-trader lain
Nah ada beberapa sekuritas lainnya di Padang ini dengan brokernya masing-masing  dan nasabahnya masing-masing. Pihak-pihak inilah yang menghidupkan kegiatan transaksi bursa saham di Kota Padang. Saya sendiri mengenal mereka baru setelah berkarir langsung di bidang ini. Jadi maafkanlah kalau saya tidak yau betul bagaimana sepakterjang dan trackrecordnya.


Tidak ada komentar: