IHSG Downtrend

Selamat sore, sepertinya cukup banyak investor dan trader yang mengeluh terhadap arah pergerakan indeks sejak tiga minggu belakangan. Berarti itu artinya benar Tuan, benar bahwa ternyata bukan kami saja yang kalut.

Sejak tanggal 9 Mei lalu Kami sudah meyakini kecendrungan bearish yang akan dialami oleh IHSG, dikarenakan secara teknikal pola candle IHSG yang telah membentuk pola double top. Artinya, dengan level supportnya yang tertembus, maka trend akan terus turun sebesar jarak antara level support dengan tingkat harga tertinggi.

Dan level 4000 kami kira adalah sebuah support yang cukup kuat untuk membuat IHSG kembali rebound. Tapi berita buruk dari Yunani (lagi) kembali membuat indeks tertekan. Meski dengan long weekend kami pikir seharusnya indeks bisa terlindungi.

Minggu inilah kami meyakini indeks akan mencoba rebound. Namun terpaksa kami revisi setelah melihat chart IHSG dari awal tahun.

Dari hari pertama perdagangan IHSG di 2012 hingga Jumat 25 Mei 2012 ini, Fibonacci telah break down pula di level support terakhirnya 3960. Dan arah paling parah akan menuju area support terdekat di 3840.

Kemungkinan itu cukup besar karena beberapa indikator yang kami gunakan memperlihatkan tanda-tanda seperti itu seperti bentuk candle hari terakhir berupa down marubozu, ADX, RSI, Stocastic Slow, MACD, dan Parabolic S&R menunjukkan tanda negatif. Apalagi dengan kenaikan dari awal tahun yang cukup tinggi memang sudah saatnya IHSG istirahat sejenak.

Kami masih akan menyarankan untuk posisi hold cash sebelum paling tidak empat indikator membalik menunjukkan sinyal positif, support minor bisa menahan bearish, dan candlestick bisa memperlihatkan sebuah perlawanan beli yang kuat.

Demikian dulu ulasan IHSG dari Kami, segala perkiraan tersebut masihlah hanya berupa sebuah pandangan, karena kenyataan selalu ada di pasar.

Happy trading, smart investment.

Check at http://sahambagus.com 

Tidak ada komentar: